Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rpp Yang Memuat 4 Dimensi Pengetahuan


Contoh Rpp Yang Memuat 4 Dimensi Pengetahuan

bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 dalam RPP

1. bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 dalam RPP


1 . Aspek Hots

a. Transfer knowledge ( peserta didik mendapat penjelasan dari guru,peserta didik mempresentasikan hasil percobaan

b. critical dan creative thinking ( peserta didik diarahkan untuk dapat mengajukan pertanyaan, perserta didik melakukan percobaan )

c. Problem solving ( mendiskusikan masalah yang terjadi pada pelaksanaan percobaan)

2. Aspek 5 M

- Mengamati : Mengamati perubahan warna lakmus

- Menanya : Mengapa warna lakmus menjadi berubah ?

- Mengumpulkan informasi : Membaca buku paket

- mengolah data : Mencatat hasil percobaan

- Mengkomunikasikan : Mempresentasikan hasil percobaan

3. 4 Dimensi

- Faktual : Mengamati dengan menggunakan panca indra

- Konseptual : memahami perbedaan asam dan bas

- Prosedural : pengamatan untuk menentukan ciri - ciri asam dan basa

- Metakognitif : dapat menerapkan konsep asam dan basa dalam kehidupan sehari - hari

4. Kecakapan abad 21

- PPK : Tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, religius, integritas

- Literasi : Membaca buku paket , LK, mengamati perubahan warna lakmus

- 4c

a. Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulan

b. Critical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asam

c. Colaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basa

d. Comunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelas


2. Bagaimana penggunaan aspek hots. 5m.4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam rpp?


Jawaban:

siswa belajarnya lebih terarah, mereka belajar lebih aktif dan kreatif

Penjelasan:


3. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun ?


Penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Pembahasan

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu syarat yang wajib dipersiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan KBM di kelas. RPP dibuat sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Bagian - bagian RPP yang disusun adalah

Identitas sekolah Mata pelajaranKelas dan semesterKurikulum acuanKI dan KDStandar KompetensiKegiatan pembelajaran Materi Pembelajaran Penilaian pembelajaran

Dalam menyusun RPP diintegrasikan aspek 5M yaitu :

Mengamati - peserta didik diajak untuk mengamati fenomena fenomena alam dan sosial untuk membangkitkan rasa keingin tahuannyaMenanya - peserta didik diminta menanya terkait fenomena fenomena yang diamatiMengumpulkan informasi - peserta didik diminta mengmpulkan informasi terkait hasil pengamatannya dan pertanyaannyaMengolah data - peserta didik dapat menganalisis, menyimpulkan hasil informasi yang diperolehMengkomunikasikan - peserta didik dapat mempresentasikan hasil yang diperoleh, untuk didiskusikan dengan guru dan kelompok yang lain

Kelima langkah ini menjadi acuan dalam menyusun skenario pembelajaran. Setiap Kd dalam pembelajaran mencakup 5 proses tersebut.

Materi yang disampaikan dengan klasifikasi 4 dimensi pengetahuan, meliputi :

Faktual : materi berdasarkan pengamatan fakta oleh panca inderaKonseptual : memahami konsep, teori dan hukum serta menghubungkan dengan fakta Prosedural : pembelajaran secara terstruktur untuk menguji fakta melalui percobaan Metakognitif : penerapan konsep dalam kehidupan sehari hari

Aspek HOTS (High Order Thinking Skills) kemampuan berfikir tingkat tinggi, merupakan tingkat soal pada ranah menganalisis. Aplikasi HOTS diintegrasikan pada proses penilaian pembelajaran dalam RPP, dengan 4C, yaitu :

Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulanCritical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asamCollaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basaComunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelas

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang penyusunan RPP sesuai standar kurikulum 2013 terintegrasi HOTS https://brainly.co.id/tugas/18174731

---------------------

Detil pertanyaan

Materi : Umum, Perangkat Pembelajaran

Kata Kunci : RPP, HOTS, Silabus, 4C


4. contoh pembuatan RPP​


Jawaban:

Mencantumkan Identitas. Terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu. ... Merumuskan Tujuan Pembelajaran. ... Menentukan Materi Pembelajaran. ... Menentukan Metode Pembelajaran. ... Menetapkan Kegiatan Pembelajaran. ... Memilih Sumber Belajar. ... Menentukan Penilaian.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalau salah


5. contoh rpp adiwiyata


Jawaban:

RPP adiwiyata Bahasa Indonesia merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang menerapkan pelajaran berbasis lingkungan.


6. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan Abad 21 didalam RPP yang disusun?


Jawaban:

Pembelajaran abad 21 secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C yang meliputi: (1) Communication (2) Collaboration, (3) Critical Thinking and problem solving, dan (4) Creative and Innovative. Berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Krathwoll dan Anderson, kemampuan yang perlu dicapai siswa bukan hanya LOTS (Lower Order Thinking Skills) yaitu C1 (mengetahui) dan C-2 (memahami), MOTS (Middle  Order Thinking Skills) yaitu C3 (mengaplikasikan) dan C-4 (mengalisis), tetapi juga harus ada peningkatan sampai HOTS (Higher Order Thinking Skills), yaitu C-5 (mengevaluasi), dan C-6 (mengkreasi).

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas, maka guru sebagai ujung tombak pebelajaran harus mampu merencanakan dan melaksanakan PBM yang berkualitas dan guru harus memiliki keterampilan proses yang baik dalam pembelajaran.

Penjelasan:


7. Membuat rpp dengan menggunakan sistem informasi rpp digital merupakan contoh tindakan


Jawaban:

membuat rpp sesuai dengan salah satu materi modul 6 unsur pedagogik diutamakan didalam rpp

Penjelasan:

mengidentifikasi komponen RPP dan melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran serta perlu tindakan penggunaan sistem informasi rpp digital pada tindakan tersebut.

Penjelasan:

Membuat rpp dengan menggunakan sistem informasi rpp digital merupakan contoh tindakan

Jawaban =

Langkah-langkah Penyusunan RPP

Mencantumkan Identitas. Merumuskan Tujuan Pembelajaran. Menentukan Materi Pembelajaran. Menentukan Metode Pembelajaran. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran. Memilih Sumber Belajar. Menentukan Penilaian.

Penjelasan =

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas.

RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Semoga membantu


8. 1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?


Pendidikan di abad 21 merupakan pendidikan yang menggabungkan pengetahuan keterampilan dan sikap yang bisa berkembang disistem pembelajaran yang berbasis aktivitas sesuai dengan kompotensi dan materi pembelajaran.

HOTS memiliki pembelajaran yang mencirikan pengetahuan, kreatif dan berfikir kritis serta menyelesaikan masalah. faktor yang meliputi peserta pendidikan ataupun pembelajaran yaitu prosedur konsep dan fakta.

Pembelajaran HOTS mempraktekkan kemampuannya di abad 21 ataupun 4C yaitu:

melakukan komunikasi berkolaborasi menyelesaikan masalah dan berfikir kritis inovatif dan kreatif

Dari penerapan HOTS tersebut bisa mempraktekan model pembelajaran seperti:

Pembelajaran yang meninjauPembelajaran berdasarkan masalah Pembelajaran berdasarkan proyek

Pendekatan 5 M yaitu :

Mengamati BertanyaMengumpulkan informasi Mengasosiasi/ menalar Memberikan komunikasi

Model pembelajaran 5 M yaitu :

Pembelajaran/penemuanMasalah pembelajaran dasar Pembelajaran proyek dasar

Ataupun menggunakan motode berdiskusi,sesi tanya jawab, bercerita dll

4 Dimensi

Dimensi proses kognitif yaitu :

C-1 : mengingat

C-2 : Memahami

C-3 : Menerapkan

C-4 : Menganalisis

C-5 : Mengevaluasi

C-6 : Mengreasi

Dimensi pengetahuan

Faktual Konsep prosedur Metakognitif

Kecakapan abad 21

Kualitas karakter adalah bagaimana seorang siswa mampu untuk bertahan dilingkungan yang dinamis seperti : mandiri, religius, nasionalisme, toleransi, integritas, gotong royong, peduli, tanggung jawab, kreatif, peduli lingkungan. Literasi dasar adalah bagaimana seorang siswa mampu menerapkan keterampilan dasar di lingkungan sehari-hari seperti : literasi berhitung, literasi sains, literasi baca tulis, literasi finansial, literasi teknologi informasi dan komunikasi dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Kompotensi adalah seorang siswa mampu untuk memecahkan masalah kompleks seperti : komunikasi, kreative, berfikir kritis dan kolaborasi.

Penjelasan: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di cerminkan didalam pembelajaran HOTS menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran, hasil pembelajaran HOTS diukur dari perhitungan penilaian HOTS yang meliputi aspek, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan untu kengetahui indikator pencapaian kompotensi (IPK) dari sebuah kompotensi dasar (KD) yang diwakili oleh kata kerja operasional (KKO)

Pelajari lebih lanjut

1.  Penggunaan HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21 dalam RPP https://brainly.co.id/tugas/25167421

2. Penggunaan HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21 didalam RPP https://brainly.co.id/tugas/25226374

3. pengertian HOTS https://brainly.co.id/tugas/19698055

Detil jawaban

Kelas : VI (6 SD )

Mapel : B. Indonesia

Bab : Pendidikan

Kode : 6.1.5

Kata kunci : HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21


9. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?


Pendidikan di abad 21 merupakan pendidikan yang menggabungkan pengetahuan keterampilan dan sikap yang bisa berkembang disistem pembelajaran yang berbasis aktivitas sesuai dengan kompotensi dan materi pembelajaran.

HOTS memiliki pembelajaran yang mencirikan pengetahuan, kreatif dan berfikir kritis serta menyelesaikan masalah. faktor yang meliputi peserta pendidikan ataupun pembelajaran yaitu prosedur konsep dan fakta.

Pembelajaran HOTS mempraktekkan kemampuannya di abad 21 ataupun 4C yaitu:

melakukan komunikasi

berkolaborasi

menyelesaikan masalah dan berfikir kritis

inovatif dan kreatif

Dari penerapan HOTS tersebut bisa mempraktekan model pembelajaran seperti:

Pembelajaran yang meninjau

Pembelajaran berdasarkan masalah

Pembelajaran berdasarkan proyek

Pendekatan 5 M yaitu :

Mengamati

Bertanya

Mengumpulkan informasi

Mengasosiasi/ menalar

Memberikan komunikasi

Model pembelajaran 5 M yaitu :

Pembelajaran/penemuan

Masalah pembelajaran dasar

Pembelajaran proyek dasar

Ataupun menggunakan motode berdiskusi,sesi tanya jawab, bercerita dll

4 Dimensi

Dimensi proses kognitif yaitu :

C-1 : mengingat

C-2 : Memahami

C-3 : Menerapkan

C-4 : Menganalisis

C-5 : Mengevaluasi

C-6 : Mengreasi

Dimensi pengetahuan

Faktual

Konsep

prosedur

Metakognitif

Kecakapan abad 21

Kualitas karakter adalah bagaimana seorang siswa mampu untuk bertahan dilingkungan yang dinamis seperti : mandiri, religius, nasionalisme, toleransi, integritas, gotong royong, peduli, tanggung jawab, kreatif, peduli lingkungan.

Literasi dasar adalah bagaimana seorang siswa mampu menerapkan keterampilan dasar di lingkungan sehari-hari seperti : literasi berhitung, literasi sains, literasi baca tulis, literasi finansial, literasi teknologi informasi dan komunikasi dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

Kompotensi adalah seorang siswa mampu untuk memecahkan masalah kompleks seperti : komunikasi, kreative, berfikir kritis dan kolaborasi.

Penjelasan: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di cerminkan didalam pembelajaran HOTS menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran, hasil pembelajaran HOTS diukur dari perhitungan penilaian HOTS yang meliputi aspek, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan untu kengetahui indikator pencapaian kompotensi (IPK) dari sebuah kompotensi dasar (KD) yang diwakili oleh kata kerja operasional (KKO)


10. Bagaimana penggunaan aspek hots, 5m, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam rpp proses yang d susun


Jawaban:

5×4=20

20+21=41

abcddregfrvgffjqojajao


11. Buatlah RPP dari salah satu materi pada Modul 6, Unsur Pedagogik harus diutamakan. Selanjutnya di dalam RPP tersebut memuat peta konsep (mind mapping) yang berkaitan dengan materi.


Jawaban:

IKUT MENCARI JUGA...

Penjelasan:


12. 1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecakapan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?


Penjelasan:

maaf aku belum mendalami tentang itu


13. contoh rpp bahasa arab


Bisa dicari di google translate

14. Bagaimana penggunaan aspek hots 5 m 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 didalam Rpp yg disusun


Jawaban:

Penjelasan:

Penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Pembahasan

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu syarat yang wajib dipersiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan KBM di kelas. RPP dibuat sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Bagian - bagian RPP yang disusun adalah

Identitas sekolah

Mata pelajaran

Kelas dan semester

Kurikulum acuan

KI dan KD

Standar Kompetensi

Kegiatan pembelajaran

Materi Pembelajaran

Penilaian pembelajaran

Dalam menyusun RPP diintegrasikan aspek 5M yaitu :

Mengamati - peserta didik diajak untuk mengamati fenomena fenomena alam dan sosial untuk membangkitkan rasa keingin tahuannya

Menanya - peserta didik diminta menanya terkait fenomena fenomena yang diamati

Mengumpulkan informasi - peserta didik diminta mengmpulkan informasi terkait hasil pengamatannya dan pertanyaannya

Mengolah data - peserta didik dapat menganalisis, menyimpulkan hasil informasi yang diperoleh

Mengkomunikasikan - peserta didik dapat mempresentasikan hasil yang diperoleh, untuk didiskusikan dengan guru dan kelompok yang lain

Kelima langkah ini menjadi acuan dalam menyusun skenario pembelajaran. Setiap Kd dalam pembelajaran mencakup 5 proses tersebut.

Materi yang disampaikan dengan klasifikasi 4 dimensi pengetahuan, meliputi :

Faktual : materi berdasarkan pengamatan fakta oleh panca indera

Konseptual : memahami konsep, teori dan hukum serta menghubungkan dengan fakta

Prosedural : pembelajaran secara terstruktur untuk menguji fakta melalui percobaan

Metakognitif : penerapan konsep dalam kehidupan sehari hari

Aspek HOTS (High Order Thinking Skills) kemampuan berfikir tingkat tinggi, merupakan tingkat soal pada ranah menganalisis. Aplikasi HOTS diintegrasikan pada proses penilaian pembelajaran dalam RPP, dengan 4C, yaitu :

Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulan

Critical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asam

Collaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basa

Comunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelas


15. contoh RPP tentang alam sekitar​


Jawaban:

jawabannya adalahhhh

................


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Rpp Yang Memuat 4 Dimensi Pengetahuan"