Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nihongo Kira Kira Pdf


Nihongo Kira Kira Pdf

tolong bantu jawab nihongo kira kira bab 28​

Daftar Isi

1. tolong bantu jawab nihongo kira kira bab 28​


Jawaban:

どうだれなん . どのくらいいくらいつ . なん どんな

Semoga membantu ^^


2. Mohon bantuannya, nihongo kira kira kelas 12 halaman 39.​


Jawaban:

1. - いみ(意味)がわかりません (imi ga wakarimasen)

- まだ仕事が終わりません (Mada shigoto ga owarimasen)

- 今日は山にぼるができません (Kyou wa Yama ni Boru dekimasen)

Penjelasan:

1. - Ini artinya ga tau

- Kerjaan belum kelar juga

- Hari ini ga bisa naik gunung


3. tolong bantu jawab nihongo kira kira bab 28, yang bisa tolong bantu​


Jawaban:

どうだれなん . どのくらいいくらいつ . なん どんな

Semoga membantu ^^


4. Nan nihongo watashinokazoku ?


artinya what jappanes my family =

5. kalau " nihongo wo oshiemasu " berarti jadi " nihongo wo yonde kudasai?​


Jawaban:

をおしえますはそうにほんごをよんでください

Jawaban:

Bukan, Pelajaran tersebut merupakan perubahan K. Kerja bentuk ます menjadi K.Kerja bentuk て

Saya jawab pakai romaji saja ya, biar enak dibacanya..

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

[Perubahan K. Kerja bentuk ます menjadi K.Kerja bentuk て]

Dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

1. Berakhiran huruf berikut sebelum Masu い(I), ち(Chi), り(Ri)

Maka ketiga huruf tersebut harus diganti dengan って(tte) dan ます(Masu)dihilangkan.

Contoh:

Kaimasu (Katte) Membeli

Tachimasu (Tatte) Berdiri

Machimasu (Matte) Menunggu

Hairimasu (Haitte) Masuk

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Berakhiran huruf berikut sebelum Masu み(Mi), び(Bi), に(Ni)

Maka ketiga huruf tersebut harus diganti dengan んで(nde) dan ます(Masu)dihilangkan.

Contoh:

Yomimasu (Yonde) Membaca

Yobimasu (Yonde) Memanggil

Shinimasu (Shinde) Meninggal

*Bentuk て dari yomimasu dan yobimasu memang sama, tetapi tidak akan membuat salah paham karena kanjinya beda dan apa yang berkaitan dengan kata kerja tsb pasti beda.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Berakhiran dengan huruf し(Shi)

Maka cukup mengganti Masu dengan て(Te)

Contoh:

Hanashimasu (Hanashite) Berbicara

Kashimasu (Kashite) Meminjamkan

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Kata kerja yang hurufnya bervokal え(E) sebelum Masu

Maka cukup mengganti Masu dengan て(Te)

Contoh:

Oshiemasu (Oshiete) Memberi tahu/Mengajari

Akemasu (Akete) Membuka

Tsukemasu (Tsukete) Menyalakan

Kaemasu (Kaete) Menukar

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

5. Berakhiran き(Ki) dan ぎ(Gi)

Maka き(Ki) dan ぎ(Gi) perlu diganti いて(Ite) dan いで(Ide) dan ます(Masu)dihilangkan.

Contoh:

Kakimasu (Kaite) Menulis

Kikimasu (Kiite) Mendengarkan

Oyogimasu (Oyoide) Berenang

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

6. Kata kerja bentuk Shimasu

Maka Masu pada Shimasu diganti て(Te)

Contoh:

Kekkon shimasu (Kekkon shite) Menikah

Kaimono shimasu (Kaimono shite) Berbelanja

Shokuji shimasu (Shokuji shite) Makan

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin terdapat sebagian kecil K.Kerja yang memiliki "pengecualian" sehingga perubahan tidak menggunakan dasar-dasar diatas, namun dapat dibedakan dengan sering-sering membaca dan berlatih.

Contoh:

Mimasu (Mite) Melihat

Ikimasu (Itte) Pergi

Karimasu (Karite) Meminjam

Okimasu (Okite) Bangun

dan lain-lainnya..

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jawaban soal di gambar:

Jadi cara mengerjakannya adalah mengubah kata kerja menjadi bentuk te

dan tambahkan Kudasai, kalimat ini untuk meminta tolong/memerintah dengan halus.

1. にほんごをおしえてください

Nihongo o Oshiete kudasai

Tolong ajarkanlah Bahasa Jepang

2. えをみてきださい

E o Mite kudasai

Tolong lihatlah gambar

3. レポートをかいてください

Repooto o Kaite kudasai

Tolong Tulislah laporan

4. ほんをあけてください

Hon o Akete kudasai

Tolong Bukalah buku

5. せんせいをよんでください

Sensei o Yonde kudasai

Tolong Panggillah guru

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian dan Tetap Semangat Belajar Bahasa Jepang!!


6. Tolong jawab Nihongo kira kira bab 27 halaman 52Terimakasih kak​


=============================             JAWABAN              =============================

Nomor 1  

1 ). b うえました    

2 ). a つかいかた    

3 ). d ぼきん    

4 ). c おわりません

Nomor 2  

1. ) ( ✓ )b. どうしましたか。  

2 ).( ✓ )b. もちましょうか。  

3 ).( ✓ )a. ボールペンをかしてくださいませんか。

Nomor 3  

1 ). はい、あります。  

2 ). ボランティアをしました。  

3 ). かんじ の よみ

=============================          PENJELASAN           =============================

Terjemahan nomor 1  

1. Saya bersukarelawan. (Saya) menanam pohon.  

2. (Saya) tidak mengerti cara menggunakan fotokopi.  

3. Pada saat festival budaya, (saya) mengumpulkan donasi.  

4. PR nya susah. Sama sekali tidak selesai.

Terjemahan nomor 2  

1. a. Apa yang telah anda lakukan  

  b. Apa masalahnya  ✓  

2. a. Maukah anda membawakannya  

   b. Saya bawakan ya  ✓  

3. a. Maukah anda meminjamkan saya pulpen  ✓  

   b. Saya pinjamkan pulpen ya

Terjemahan nomor 3  

1. Pernahkah anda bersukarelawan?  

   = (Ya, pernah)  

2. Apa yang telah anda lakukan?  

   = (Saya bersukarelawan)  

3. Saya tidak mengerti cara (baca kanji)


7. mau tanya niih guyss! kira kira dimana ya, tempat nyari download pdf buku sekolah sd yang tahun 2021.. tempat nyari atau web nya itu dimana ya?? kalau ada yg tau nanti saya beri 5 bintang yaa.. yg buku 2021 yaa...


Jawaban:

di brainly jg ada di bawah kanan

Penjelasan:

cari aja di situ

jadiin jawaban tercerdas dong


8. Lengkapi kalimat-kalimat berikut mengunakan partikel yang ada di kolom atas! mohon bantuannya untuk menjawab kakTerimakasih Nihongo Kira-Kirakelas 3/XIIHalaman 82​


Nomor 1

わたしは ジャカルタ () すんでいます。ジャカルタ () モールや ひろばが あります。よく かぞくと モール () いきます。うち (から) モール () くるまで 15分ぐらいです。

Saya tinggal (di) Jakarta. (Di) Jakarta ada mall, tanah lapang, dll. Saya sering pergi (ke) mall dengan keluarga. (Dari) rumah sampai tiba (di) mall sekitar 15 menit.

Nomor 2

わたしは よく ともだちと ひろば () サッカーを します。ひろばは がっこうの まえ () あります。

Saya sering bermain bola dengan teman-teman (di) tanah lapang. Tanah lapang nya ada (di) depan sekolah.

Nomor 3

そぼは いま だいどころ () います。だいどころ () りょうりを しています。

Nenek sekarang ada (di) dapur. Sedang memasak (di) dapur.

Pembahasan

Dalam kalimat Bahasa Jepang terdapat kata bantu yang memiliki bermacam fungsi, yang disebut dengan partikel atau joshi. Partikel ini jumlahnya ada banyak, dan masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Partikel dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

Kakujoshi (Partikel penanda kasus)Setsuzokujoshi (Partikel konjungsi)Fukujoshi (Partikel adverbial)Shuujoshi (Partikel akhir kalimat)

Kali ini saya hanya akan membahas tiga partikel yang digunakan sebagai jawaban dari teks di soal. Ketiga partikel tersebut tergolong ke dalam kakujoshi. Penjelasan masing-masing partikel nya adalah sebagai berikut.

1. Partikel に (Ni)

Fungsinya ada banyak. Pada teks-teks di soal, partikel ini digunakan untuk menunjukkan letak dan untuk menunjukkan tempat tujuan.

Contoh pada kalimat berikut.

ジャカルタ に すんでいますJakaruta ni sundeimasu Tinggal di Jakarta

*Partikel Ni di sini berfungsi untuk menunjukkan letak, yaitu Jakarta.

Contoh lainnya sebagai berikut.

モール に いきますMooru ni ikimasu Pergi ke mall

*Partikel Ni di sini berfungsi untuk menunjukkan tempat tujuan, yaitu Mall.

2. Partikel から (Kara)

Salah satu fungsi utama nya yaitu untuk menunjukkan titik awal. Bisa juga diartikan sebagai "dari" dalam Bahasa Indonesia. Biasanya partikel ini sering dipasangkan dengan partikel Made, yang berfungsi untuk menunjukkan titik akhir atau juga dapat diartikan sebagai "sampai".

Contoh pada kalimat berikut.

うち から モール までUchi kara mooru made Dari rumah sampai mall

*Partikel Kara di sini berfungsi untuk menunjukkan titik awal, yaitu Rumah. Sedangkan partikel Made di sini berfungsi untuk menunjukkan titik akhir, yaitu Mall.

3. Partikel で (De)

Fungsinya juga ada banyak. Pada teks-teks di soal, partikel ini fungsinya mirip seperti partikel Ni, yaitu untuk menunjukkan letak. Bedanya, partikel De digunakan untuk menunjukkan letak/tempat melakukan suatu aktivitas.

Contoh pada kalimat berikut.

ひろば で サッカー を しますHiroba de sakkaa o shimasu Bermain bola di tanah lapang

*Partikel De di sini berfungsi untuk menunjukkan tempat melakukan suatu aktivitas (bermain bola), yaitu Tanah lapang.

________________________________

Pelajari Lebih Lanjut

• Soal-soal serupa

https://brainly.co.id/tugas/48630033

https://brainly.co.id/tugas/46222257

https://brainly.co.id/tugas/46293284

• Huruf-huruf Jepang

https://brainly.co.id/tugas/45608962

________________________________

Detail Jawaban

Mapel : Bahasa Jepang

Kelas : 12 SMA

Bab : 5 - Partikel

Kata Kunci : Melengkapi kalimat dengan partikel yang tepat

Kode Soal : 15

Kode Kategorisasi : 12.15.5

________________________________


9. Tolong jawab Nihongo kira kira bab 26 halaman 33 Kelas 12 Terimakasih kak.


Jawaban:

kayak gmn ya?


10. Q. Bahasa Jepang dari “Belajar Bahasa Jepang” ...A. Nihongo O Manabu.B. Nihongo O Narau.C. Nihongo O Benkyou.D. Benkyou O Nihongo.​


Bahasa Jepang dari “Belajar Bahasa Jepang" adalah...

A. Nihongo o manabu.

                     

Penjelasan

Pilihan B saya rasa kurang tepat, karena kata 'narau' digunakan jika mempelajari suatu hal dari seseorang. Hal yang dipelajari biasanya juga berhubungan dengan seni atau keterampilan yang memerlukan teknik dan proses belajar secara berulang-ulang.

Contoh kalimat menggunakan 'narau' ↴

   父から空手を習います。

   = Chichi kara karate o naraimasu.

   = Belajar karate dari ayah.

Pilihan C kurang tepat, karena kata 'benkyou' merupakan kata benda. Kalimat tersebut bisa tepat bila penulisannya menjadi 'Nihongo o benkyou suru'. Kata 'suru' digunakan untuk mengubah kata benda 'benkyou' menjadi kata kerja.

Pilihan D jelas salah, karena susunan kalimatnya yang tidak tepat dan kata 'benkyou' bukanlah kata kerja. Harusnya kata 'benkyou' diganti dengan 'benkyou suru', dan pola kalimat yang tepat harusnya "[Objek] o [Predikat]".

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

Perbedaan 'Benkyou suru', 'Manabu', dan 'Narau' :

・Benkyou suru ="Belajar" yang lebih fokus ke hal-hal yang berhubungan dengan akademik.

・Manabu ="Belajar" yang cakupannya lebih luas dari 'benkyou suru'.

・Narau = “Belajar” yang digunakan ketika jelas ada seseorang yang mengajarkan kita akan sesuatu, dan biasa berhubungan dengan seni atau keterampilan yang memerlukan teknik dan proses belajar secara berulang-ulang.

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |

Fungsi partikel を (O) :

Menunjukkan objekMenunjukkan tempat yang dilewatiMenunjukkan lokasi yang menjadi titik tolak dari suatu kegiatanMenunjukkan profesi

                                         

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang huruf-huruf Jepang: https://brainly.co.id/tugas/45610221 , https://brainly.co.id/tugas/6501579Materi tentang partikel: https://brainly.co.id/tugas/46222257 , https://brainly.co.id/tugas/41036735

                               

Detail Jawaban

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10

Materi: "Belajar" dalam bahasa Jepang

Kode: 10.15

Kata kunci: Benkyou, Manabu, Narau


11. hallo kak saya kurang mnegerti nih barangkali Ada yg ngerti atau temen2 yg udah pernah ngerjain sumbernya dari buku paket B Jepang "Nihongo Kira Kira" kelas 10 arigatoo gozaimasuu ^^ ​


Jawaban:

私は日本の兄弟がわかりません

ごめんなさい


12. nihongo artinya apa dan Nippon apa​


日本語 ( Nihon go ) : Bahasa Jepang

日本 ( Nippon ) Jepang

Pembahasan

語 ( Go ) Bahasa

Kebanyakan warga Jepang menyebutkan jelang dengan 'Nippon' dibandingkan dengan 'Nihon'

Sistem penulisan pada bahasa Jepang terdiri dari 3 macam yaitu

HiraganaKatakanaKanjiHiragana

Merupakan huruf Jepang asli

Hiragana merupakan huruf Jepang asli pada awalnya Hiragana disebut sebagai On'Nade , Mengapa di sebut sebagai "On'Nade", karena pada dahulunya Hiragana hanyalah digunakan oleh para wanita , Hiragana juga sempat di tolak oleh kaum pria di Jepang karena pada masanya kaum pria tersebut lebih memilih sistem kanji dari pada Hiragana

Mengapa pada bahasa Jepang memiliki 3 sistem Penulisan?

Hal ini memudahkan pembaca memahami kalimat/ kata-kata dalam bahasa Jepang, memang bisa saja menggunakan sistem Hiragana tapi ini akan menyusahkan pembaca contoh nya : Kalimat Indonesia yang tidak memiliki spasi "hiraganamerupakansistempenulisandaribahasajepang" cukup sulit untuk membacanya

Katakana

ア イ ウ エ オ | a - i - u - e - o |

カ キ ク ケ コ | ka - ki - ku - ke - ko |

サ シ ス セ ソ | Sa - shi - su - se - so |

タ チ ツ テ ト | Ta - chi - tsu -te - to |

ナ ニ ヌ ネ ノ | na - ni - nu - ne - no |

ハ ヒ フ ヘ ホ | ha - hi - fu - he - ho |

マ ミ ム メ モ | ma - mi - mu - me - mo |

ヤ ユ ヨ | Ya - yu - yo |

ラ リ ル レ ロ | Ra - ri - ru - re - ro |

ワ ヲ | wa - Wo |

ン | N |

Hiragana

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

※ 46 Huruf dasar ※

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

あ い う え お | a - i - u - e - o |

か き く け こ | ka - ki - ku - ke - ko |

さ し す せ そ | sa - Shi - su - se - so |

た ち つ て と | Ta - chi - tsu -te - to |

な に ぬ ね の | na - ni - nu - ne - no |

は ひ ふ へ ほ | ha - hi - fu - he - ho |

ま み む め も | ma - mi - mu - me - mo |

や ゆ よ | ya - yu - yo |

ら り る れ ろ | Ra - ri - ru - re - ro |

わ を | Wa - Wo |

ん | N |

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

※ 33 Huruf Campuran ※

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

きゃ きゅ きょ | Kya - kyu - kyo|

ぎゃ ぎゅ ぎょ | gya - gyu - gyo |

しゃ しゅ しょ | Sha - Shu - Sho |

じゃ じゅ じょ | Jya - jyu - jyo |

ちゃ ちゅ ちょ | Cha - chu - cho |

にゃ にゅ にょ | nya - nyu - nyo |

ひゃ ひゅ ひょ | Hya - hyu - hyo |

びゃ びゅ びょ | bya - byu - byo |

ぴゃ ぴゅ ぴょ | pya - pyu - pyo |

みゃ みゅ みょ | mya - myu - myo |

りゃ りゅ りょ | rya - ryu - Ryo |

Cara mengubah pada huruf campuran : ゃ + ゅ + ょ ( Ya , Yu , Yo ) Kecil

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

• 25 Huruf tenten-maru •

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

が ぎ ぐ げ ご | ga - gi - gu - ge - go |

ざ じ ず ぜ ぞ | za - ji - zu - ze - zo |

だ ぢ づ で ど | Da - ji - du - de - do |

ば び ぶ べ ぼ | ba - bi - bu - be - bo |

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ | pa - pi - pu - pe - po |

Maru Terdapat Simbol °

Tenten terdapat simbol "

......Pengubahan bentuk Alfabet....

K⇨G

S⇨Z

D⇨T

H⇨B

_____________________________

Contoh Kata:

みず ( Mizu ) : Air

かばん ( Kaban ) : Tas

つくえ ( Tsukue ) : Meja

_____________________________

Pelajari lebih lanjut

Bahasa Jepang

brainly.co.id/tugas/246232

Contoh pola kalimat bahasa Jepang

brainly.co.id/tugas/670729

Aisatsu "Selamat Pagi-Tidur"

brainly.co.id/tugas/39012834

_____________________________

Detail Jawaban

Kategori Umum: N5 Level A

____________

Kategori Sekolah:

Mapel: Bahasa Jepang

Kelas: 10

Materi: Huruf

Semester: 1

Sub Bab: Huruf

Kode soal: 15

Kode kategori: 10.15.2

============

Pembahasan

HiraganaKatakana

_____________________________


13. Hiragana dari tulisan Nihongo adalah?​


Bentuk hiragana dari kata Nihongo adalah にほんご

Pembahasan

Bentuk kanji :

日本語

Bentuk hiragana :

にほんご

Romajinya:

Nihongo

Artinya :

Bahasa Jepang.

_________________

日本語 / にほんご (Nihongo)

Huruf-huruf hiragana untuk menyusun kata Nihongo adalah :

に (ni)ほ (ho)ん (n)ご (go).

Adanya tambahan kata 語 / ご (go) yang terletak pada akhir kata tersebut agar bisa diartikan bahasa.

Sedangkan kata 日本 / にほん (Nihon) tersebut merupakan nama salah satu negara yaitu diartikan Jepang.

_________________

Hiragana

Yaitu sekumpulan huruf Jepang yang biasanya dapat mewakilkan salah satu suku kata ataupun bunyi.

Kumpulan huruf-huruf Hiragana :

あ - い - う - え - お

a - i - u - e - o

か - き -く - け - こ

ka - ki - ku - ke - ko

さ -し -す - せ - そ

sa - shi - su - se - so

た -ち - つ - て - と

ta - chi - tsu - te - to

な - に - ぬ - ね - の

na - ni - nu - ne - no

は - ひ - ふ - へ - ほ

ha - hi - fu - he - ho

ま - み - む - め - も

ma - mi - mu - me - mo

や - ゆ - よ

ya - yu - yo

ら -り - る - れ - ろ

ra - ri - ru - re - ro

わ - を - ん

wa - wo - n

Tenten Maru :

が - ぎ -ぐ - げ - ご

ga - gi - gu - ge - go

ざ - じ - ず - ぜ - ぞ

za - ju - zu - ze - zo

だ -ぢ - づ - で - ど

da - ji - zu - de - do

ば - び - ぶ - べ - ぼ

ba - bi - bu - be - bo

ぱ - ぴ - ぷ - ぺ - ぽ

pa - pi - pu - pe - po

Yoōn :

きゃ - きゅ - きょ

kya - kyu - kyo

しゃ -しゅ -しょ

sha - shu - sho

ちゃ - ちゅ - ちょ

cha - chu - cho

にゃ - にゅ - にょ

nya - nyu - nyo

ひゃ - ひゅ - ひょ

hya - hyu - hyo

みゃ - みゅ - みょ

mya - myu - myo

りゃ - りゅ - りょ

rya - ryu - ryo

ぎゃ - ぎゅ - ぎょ

gya - gyu - gyo

じゃ - じゅ - じょ

ja - ju - jo

びゃ - びゅ - びょ

bya - byu - byo

ぴゃ - ぴゅ - ぴょ

pya - pyu - pyo

Pelajari Lebih Lanjut

Materi mengenai hiragana :

https://brainly.co.id/tugas/25356028https://brainly.co.id/tugas/37641588https://brainly.co.id/tugas/23460193https://brainly.co.id/tugas/47210460https://brainly.co.id/tugas/51007362

Detail Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Bahasa Jepang

Materi : Bab 2 - Hiragana

Kode Kategorisasi : 10.15.2

Kode Soal : 15

Kata Kunci : Penulisan hiragana dari kata 'Nihongo'


14. mengapa file pdf pas di lihat isinya kosong?padahal sudah di buatini kira kira saya salahnya yang mana yah?​


Jawaban:

Jika telah dibuat menjadi file pdf sudah benar dari segi (export to pdf/save as pdf/convert to pdf dll.), bisa jadi pada kesalahan pada pdf viewwer yang digunakan.

Gunakan berapa device lain, contohnya laptop lain atau pun pakai hp, jika hasil semua sama bisa jadi saat konferensi ke pdf nya ada kesalahan


15. 73. Watashi / nihongo / o / benkyoushimasu / wa a. Nihongo o benkyoushimasu watashi wa b. Watashi o nihongo wa benkyoushimasu c. Watashi wa nihongo o benkyoushimasu d. Watashi wa benkyoushimasu o nihongo e. Nihongo wa benkyoushimasu o watashi


Jawaban:

Jawabanygbenar adalah:

73. Watashi / nihongo / o / benkyoushimasu / wa

a. Nihongo o benkyoushimasu watashi wa

b. Watashi o nihongo wa benkyoushimasu

c. Watashi wa nihongo o benkyoushimasu

d. Watashi wa benkyoushimasu o nihongo

e. Nihongo wa benkyoushimasu o watashi

Penjelasan:

yg berarti "saya (sedang) mempelajari bahasa Jepang.

わたし にほんご べんきょう

私 は 日本語を勉強 します

karena terdapat kata kerja "benkyoushimasu" yg berarti "benkyou (belajar), masu (imbuhan-me) => benkyou + masu = me- + belajar = mempelajari, dlm bahasa Jepang sebelumnya harus diletakkan partikel wo.

Rumusumum

Subjek + [wa] + Objek + [wo/O] + kata kerja.

Menggunakanpartikel"wa"sebagaiadanyasubjek.

Watashi:saya

nihongo:bahasaJepang


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Nihongo Kira Kira Pdf"