Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software Analisis Butir Soal Terbaru


Software Analisis Butir Soal Terbaru

Bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menganalisis butir soal

Daftar Isi

1. Bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menganalisis butir soal


Jawaban:

1. Pahami soal dengan baik

2. Perhatikan kata kunci yang ada pada soal

3. Perhatikan apa yang diketahui dan ditanya

4. Jawab sesuai dengan rumus, logika, dan penalaran

5. Pastikan jawaban sesuai dengan pertanyaan. Menjawab tidak boleh tergesa-gesa

6. Apabila soal kurang dimengerti, lewati soal tersebut lalu beralih ke soal selanjutnya

Penjelasan:

Itulahbeberapalangkah/carasederhanadalammenganalisisbutir-butirsoal.


2. mengapa teknik analisis butir soal secara manual sering dilakukan


Jawaban:

Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut.

Mengapa Analisis Butir Soal Penting?

Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut. Menurut Nitko (1983), analisis butir soal menggambarkan suatu proses pengambilan data dan penggunaan informasi tentang butir-butir soal, terutama informasi tentang respon siswa terhadap setiap butir soal. Lebih lanjut penggunaan analisis butir soal adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui apakah butir-butir soal yang disusun sudah berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh penyusun soal. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Apakah soal-soal yang disusun sudah sesuai untuk mengukur perubahan tingkah laku seperti telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran khusus?

Apakah tingkat kesukaran soal sudah diperhitungkan?Apakah soal tersebut sudah mampu membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai?Apakah kunci soal sudah sesuai dengan maksud soal?Jika digunakan tes pilihan ganda, apakah pengecoh (distractor) yang dipilih sudah berfungsi dengan baik?Apakah soal tersebut masih dapat ditafsirkan ganda atau tidak?

2. Sebagai umpan balik bagi siswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menguasai suatu materi.

3. Sebagai umpan balik bagi guru untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi.

4. Sebagai acuan untuk merevisi soal.

5. Untuk memperbaiki (meningkatkan) kemampuan guru dalam menulis soal.


3. Analisislah hal hal yang dibutuhkan oleh pengembangan software untuk perencanaan produksi software ​


Analisislah hal hal yang dibutuhkan oleh pengembangan software untuk perencanaan produksi software.

Ada beberapa hal yang dibutuhkan seorang pengembang software dalam merencanakan produksi software:

Tujuan Pembuatan SistemLingkup Pengguna SistemAlur Proses Bisnis dalam SistemDokumen/Objek Input dan OutputBatasan Pekerjaan Pembuatan Sistem Jangka Waktu Pembuatan SistemAnggaran yang tersedia.

Berdasarkan masukan di atas, pengembang akan dapat leluasa membuat rencana produksi, pilihan teknologi serta langkah dan jadwal yang spesifik dalam proses pembuatan software.


4. Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah


Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft Exel 2007.

Maaf kalo salah...

5. Menganalisis permasalahan pada instalasi software aplikasi


Membersikan virus atau anti virus

6. Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah


Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft Excel 2007. Aplikasi pengolah angka ini merupakan salah satu bagian dalam Microsoft Office 2007.

Maaf kalo salah...

7. 45 butir-butir pancasila terbaru


45 butir-butir pancasila
1.sila ketuhanan yang maha esa
2.sila kemanusiaan yang adil dan beradab
3.sila perstuan Indonesia
4.sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

maaf kalau salah

8. Analisislah hal hal yang dibutuhkan oleh Pengembangan software untuk perencanaan produksi software? pilsss bantu​


Jawaban:

Analisis pengembangan software

Penjelasan:

secara garis besar, terdapat dua metode untuk hal ini yaitu :

1. SDLC (system development life cycle)

metode yang pertama ini lebih umum dan lebih dikenal dikalangan analisis software dan developer, banyak tahapan yang harus dilalui dalam metode ini

2. Prototyping


9. Salah satu software spreadsheet terbaru


macam-macam software spreadsheet:
-microsoft excel. -Xxl.
-Kspread. -Lotus 123.
-Gnumeric.
-Openoffice Calc.
-Staroffice Calc.
-Abacus.
-WingZ.
-XEES.

10. Sebagai seoarang guru membuat soal adalah keterampilan yang wajib dimiliki. Memahami bagaimana menganalisis butir soal adalah salah satu hal krusial terkait hal tersebut. Analis butir soal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas butir soal yang telah dibuat. Deskripsikan bagaimana cara Anda mengetahui tingkat kesulitan butir soal dan Daya beda soal tersebut. Lengkapi dengan alasan mengapa Anda patut melakukan kedua hal tersebut


Jawaban:

Daya beda adalah analisis yang mengungkapkan seberapa besar butir tes dapat membedakan antara siswa kelompok tinggi dengan siswa kelompok rendah. Salah satu ciri butir yang baik adalah yang mampu membedakan antara kelompok atas (yang mampu) dan kelompok bawah (kurang mampu). Karena itu butir tes harus diketahui daya bedanya. Siswa yang termasuk kelompok tinggi adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor paling baik. Siswa yang termasuk kelompok rendah adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor yang rendah. Kelompok siswa yang pandai sering disebut dengan istilah kelompok Upper, dan kelompok siswa yang kurang pandai sering disebut dengan istilah Lower.

Tingkat daya pembeda butir-butir tes dinyatakan dalam skala indeks -1,00 sampai dengan 1,00.

-1,00 0 1,00

Penjelasan:

Indeks -1,00 berarti butir tes terbalik, siswa kurang pandai dalam kelompok Lower dapat menjawab butir tes dengan sempurna, dan kelompok yang paling pandai dalam Upper tidak ada satupun yang mampu menjawab dengan benar.

• Indeks 0,00 berarti butir tes tidak dapat membedakan siswa yang pandai dengan yang kurang pandai. Atau kemampuan kelompok pandai (Upper) sama dengan kemampuan kelompok kurang pandai (Lower).

• Indeks 1,00 berarti butir tes secara sempurna dapat membedakan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya.

Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung daya pembeda butir tes adalah :

DB = U - L

Nup x skor maks

DB = Daya Beda

U = Kelompok Tinggi

L = Kelompok Rendah

Nup = Jumlah siswa Upper dan Lower

Alasan:

Asumsi yang digunakan untuk memperoleh kualitas soal yang baik, di samping memenuhi validitas dan reliabilitas, adalah adanya keseimbangan dari tingkat kesulitan soal tersebut. Keseimbangan yang dimaksudkan adalah adanya soal-soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar secara proporsional. Tingkat kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan siswa dalam menjawabnya, bukan dilihat dari sudut guru sebagai pembuat soal. Persoalan yang penting dalam melakukan analisis tingkat kesukaran soal adalah penentuan proporsi dan kriteria soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar.

Ada beberapa dasar pertimbangan dalam menentukan proporsi jumlah soal kategori mudah, sedang, dan sukar. Pertimbangan pertama adalah adanya keseimbangan, yakni jumlah soal sama untuk ketiga kategori tersebut. Artinya, soal mudah, sedang, dan sukar, jumlahnya seimbang. Misalnya tes objektif pilihan berganda dalam pelajaran matematika disusun sebanyak 60 pertanyaan. Dari ke-60 pertanyaan tersebut, soal kategori mudah sebanyak 20, kategori sedang 20, dan kategori sukar 20. Pertimbangan kedua proporsi jumlah soal untuk ketiga kategori tersebut didasarkan atas kurva normal. Artinya, sebagian soal berada dalam kategori sedang, sebagian lagi termasuk ke dalam kategori mudah dan sukar dengan proporsi yang seimbang.

Perbandingan antara soal mudah-sedang-sukar bisa dibuat 3-4-3, artinya 30 % soal kategori mudah, 40 % kategori sedang, dan 30 % kategori sukar. Perbandingan lain yang termasuk sejenis dengan proporsi di atas misalnya 3-5-2. Artinya, 30 % soal kategori mudah, 50 % kategori sedang, dan 20 % kategori sukar.

SEMOGABERMANFAAT


11. menganalisis butir-butir pancasila ke 4 & 5??? tolong!!!


sila ke 4. SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILANMengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.sila ke 5. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIAMengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.Bersikap adil.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.Menghormati hak-hak orang lain.Suka memberi pertolongan kepada orang lain.Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.Tidak bersifat boros.Tidak bergaya hidup mewah.Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.Suka bekerja keras.Menghargai hasil karya orang lain.Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

12. jika tes yang terdiri atas 90 butir soal dengan realibilitas 0.75 jumlah soalnya dikurangi menjadi 60 butir berapa realibilitas set tes yang baru


realibilitas=60*0.75:90=0.5

13. Jelaskan, mengapa analisis butir soal dianggap penting dalam kegiatan pembelajaran khusunya pada tahap penilaian !


Jawaban:

Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal. Peran penting analisis butir soal adalah untuk mengetahui kualitas soal serta dilakukan tindakan lebih lanjut untuk merevisi soal jika terjadi kekurangan


14. sebagai seorang guru membuat soal adalah keterampilan yang wajib dimiliki. memahami bagaimana menganalisis butir soal adalah salah satu hal krusial terkait hal tersebut. deskripsikan bagaimana cara anda mengetahui tingkat kesulitan butir soal dan daya beda soal tersebut. lengkapi dengan alasan mengapa anda patut melakukan kedua hal tersebut.​


Jawaban:

yaitu disesuaikan dengan kemampuan dari seorang siswa, yg sudah dipelajari, dijelaskan kepada siswa,itu akan membangun para siswa lebih nyaman untuk memahami dan menjawab soal tersebut.

ketika para guru membuat pertanyaan itu pasti sudah di pelajari oleh para siswa dan sudah pasti guru sudah mempelajari nya terlebih dahulu.

semoga membantu

followguys


15. jika tes yang terdiri dari atas 90 butir soal dengan reliabilitas 0,75 jumlah soalnya dikurangi menjadi 60 butir berapakah realibilitas set tes yang baru tersebut


Jawaban:

Perbandingan

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex] \frac{90}{0.75} = \frac{60}{x} \\ 90x = 45 \\ x = 0.5[/tex]


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Software Analisis Butir Soal Terbaru"