Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tes Minat Dan Bakat Bimbingan Konseling


Contoh Tes Minat Dan Bakat Bimbingan Konseling

Soal Bimbingan Konseling: Sebutkan jenis dan contohnya bakat dan minat???

Daftar Isi

1. Soal Bimbingan Konseling: Sebutkan jenis dan contohnya bakat dan minat???


semisal jenisx seni. kmu berbakat melukis, tapi kamu juga harus berminat untuk melukis. tidak malas2n, dan tidak melakukannya hanya dengan sepenuh hati. bakat dan minat itu harus selaras. kamu berbakat dan kamu menginginkannya. bakat dan minat itu juga bisa jadi pekerjaan kita kalo di tekuni.

2. Tes bakat biasanya tidak digunakan secara tunggal. Misalnya untuk konseling karir, tes bakat diberikan bersama dengan tes-tes lain seperti tes inteligensi, tes kepribadian, dan tes minat. Mengapa demikian?


untuk menghemat waktu dan agar dapat membuat perbandingan dari hasil masing2 tes sehingga dapat diketahui bagian mana yg paling unggul dan bagian mana yg paling kurang.

3. Pengetahuan baru apa yang kalian dapatkan dari pemberian layanan bakat minat Ini mata pelajaran ya bimbingan konseling


•• INTEGRITAS SOSIAL ••

Pengetahuan baru yang kita dapatkan adalah
- Memecahkan permasalahan yang dialami orang menyangkut minat dan bakat
- Memberikan solusi terkait minat dam bakat seseorang
- Dapat memiliki wawasan yang lebih luas tentang diri sendiri

4. Belajar yang penting harus rutin tidak hanya apabila akan diadakan tes saja. jelaskan pendapatmu? bimbingan konseling.


Jawaban:

Bimbingan dan Konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli agar dapat mengembangkan potensi dirinya ataupun memecahkan permasalahan yang dialaminya.

Jawaban:

konseling atau penyuluhan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepad individu yang mengalami sesuatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. istilah ini digunakan pertama kali oleh Frank parsons pada tahun 1908 saat ia melakukan konseling karier


5. tes bakat dan minat dalam pre test ppg seperti apa yaa


ppg itu apa ya?

maaf saya kurang mengerti


6. tes bakat dapat membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang bidang tertentu.pernahkah anda mengikuti tes bakat?apa manfaat yang dapat di peroleh dari tes bakat tersebut ​


Jawaban:

Pernah, dapat meningkatkan bakat yang kita miliki menjadi lebih baik dan bakat tersebut dapat berguna pada kehidupan kelak.


7. Tujuan guru memberi banyak tugas bukan berarti membebani siswa, namun dengan agar siswa....A.Mengetahui bakat dan minatnyaB. menyadari kelemahannya dalam belajarC. lebih siap dalam menghadapi tes dan ujianD. dapat bekerjasama dengan temannya PELAJARAN BK (BIMBINGAN KONSELING)​


Jawaban:

A

Penjelasan:

mengetahui bakat dan minatnya

Jawaban:

C. lebih siap dalam menghadapj tes dan ujian

Penjelasan:

maaf kalau salah ya kakk


8. contoh soal tes minat dan bakat smk jurusan multimedia


Tes minat dan bakat adalah salah satu cara penerimaan peserta didik baru yang diterapkan di berbagai lembaga pendidikan baik dari jenjang dasar, menengah, maupun tinggi di tingkat universitas. Jalur ini dipandang baik karena dapat menempatkan para peserta didik ke dalam jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan contoh soal tes minat dan bakat SMK jurusan Multimedia. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

CONTOH SOAL JURUSAN MULTIMEDIA

1. APA SAJA RAGAM APLIKASI YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENYUNTING VIDEO?

2. BAGAIMANA DAMPAK PENERAPAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMBUATAN KONTEN VIDEO?

3. APA SAJA KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PRO?

4. SEBUTKAN LANGKAH-LANGKAH PENYUNTINGAN VIDEO DENGAN ADOBE PREMIERE PRO CC?

5. HAL-HAL APA SAJA YANG DIPERLUKAN PADA SAAT PEREKAMAN GAMBAR UNTUK KEPERLUAN PEMBUATAN VIDEO?

6. APA DAMPAK PENCAHAYAAN PADA SAAT PENYUNTINGAN?

7. BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PENAMBAHAN BEBERAPA MUSIK BERBEDA SAAT PENYUNTINGAN VIDEO?

8. APA EKSTENSI FILE YANG DIHASILKAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PRO?

9. BERAPA JUMLAH FPS IDEAL UNTUK PEMBUATAN SEBUAH VIDEO?

10. APA NAMA APLIKASI PENYUNTINGAN VIDEO UNTUK SISTEM OPERASI MAC?

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang aplikasi penyuntingan video:

https://brainly.co.id/tugas/5597803

Detil jawaban

Kelas: SMA

Mata pelajaran: TI

Bab: -

Kode kategori: -

Kata kunci: contoh soal tes minat bakat smk


9. bagi bagi point.... sebelum itu kalian harus menjawab soal dari pelajaran BK ( bimbingan konseling) bagaimana cara mengetahui bakat?​


Jawaban:

Caramengetahuibakat:

1.Temukanhalyangdisuka.

2.Mengeksplorasidirilebihjauh.

3.Mengikutitesminatdanbakat.

#Semogamembantu:)

Jawaban:

caranya dengan melakukan sesuatu, misalnya kamu mencoba berenang,main game,melukis,menari,bernyanyi dan lain sebagainya. nanti pada saat kamu mencobanya dan merasa senang dan menyukainya, itu akan menjadi hobimu.

karna hobi itu, bakat yang kamu sukai dan yang kamu kuasai..

semoga membantu ya!!

dan follow ya!!


10. Apa yang km ketahui tentang tes bakat minat?


tes untuk mengetahui minat serta bakat dlm diri seseorang (biasanya orang tsb blm mengetahui bakat dan minatnya pda bidang apa)tes yang dilakukan untuk mengetahui bak dan minat yang ada pada diri orang tersebut :)

11. 1. Jelaskan menurut argument anda tentang assessment non tes! Dan apa perbedaan antara teknik tes dan non tes ? 2. Apa saja pentingnya assessment dalam bimbingan dan konseling ? dan jelaskan dengan contoh fungsi dari assessment !


Jawaban:

1.Untuk perbedaannya, non tes lebih bersifat kualitatif karena mengukur ranah sikap dan keterampilan peserta didik. Adapun tes lebih bersifat kuantitatif karena sering digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari segi ranah berpikirnya.

2.Asesmen merupakan salah satu bagian terpenting dalam seluruh kegiatan yang ada dalam konseling (baik konseling kelompok maupun konseling individual). Karena itulah asesmen dalam bimbingan dan konseling merupakan bagian yang terintegral dengan proses terapi maupun semua kegiatan bimbingan dan konseling itu sendiri.

assessment mempunyai dua fungsi yakni fungsi formatif dan fungsi sumatif.

Fungsi Formatif

Fungsi formatif yaitu dimana assessment dipakai untuk memberikan umpan balik atau feedback terhadap para guru untuk dijadikan dasar ketika memperbaiki dan membenarkan proses pembelajaran dan juga mengadakan remedial untuk para peserta didik.

Fungsi Sumatif

Adalah fungsi sebagi penentu nilai belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu, sehingga selanjutnya bisa dijadikan bahan memberikan laporan, menentukan kenaikan kelas serta menentukan lulus atau tidaknya siswa.

semoga membantu

maaf kalo salah

jangan hilang tanpa jejak

jadikan jawaban terbaik

Terimakasih :)


12. Contoh perbedaan bimbingan dan konseling


Jawaban:

Bimbingan

Bimbingan adalah memberi bantuan terhadap individu agar bisa menerima dan memahami diri dan lingkungan sekitarnya menyeseuaikan diri, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap norma dan tuntutan sehingga dapat mencapai kehidupan yang bermakna.

Konseling

Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antarab dua orang dalam mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat.

Pengertian Bimbingan konseling

yaitu suatu bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli agar konseli mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan juga mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya

-Persamaan Bimbingan dan Konseling

Persamaan antara bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.

Perbedaan Bimbingan dan Konseling

Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan.

Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien.

Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih.

Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.


13. contoh soal tes minat dan bakat smk jurusan broadcasting​


Jawaban:

cara nya gimana kak nga ada contak person atau yang bisa dihubungi


14. contoh rancangan bimbingan konseling


Contoh Rancangan KonselingKonseling Behavioral
A.  Identifikasi Tingkah Laku Tidak Tepat: 
Klien yang mempunyai kebiasaan merokok berlebihan. Klien seorang mahasiswa semester I yang mampu menghabiskan 4 bungkus rokok perhari.
B.  Deskripsi Masalah:
Perilaku merokok bagi anak remaja memberikan makna tersendiri, anak merasa memiliki jati diri yang ditunjukkan dengan perilaku merokok sebagaimana yang dilakukan oleh orang dewasa. Anak remaja beranggapan bahwa sikapnya tidak merugikan siapapun, lagipula rokok tersebut ia dapatkan tanpa harus mencuri misalnya, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dengan merokok menurut dia akan mendapatkan kepuasan psikologis. Kepuasan psikologis inilah yang menjadikan alasan  bahwa, perilakunya adalah suatu perilaku yang tepat dalam pandangan mereka. Di sisi lain, lingkungan kampus sudah barang tentu tidak mendukung sikap remaja tersebut sebagai tingkah laku tidak tepat, dilihat dari status klien sebagai mahasiswa, maupun dari segi kesehatan anak remaja tersebut.C.   Prosedur Konseling (Tahap-tahap Konseling)1. Assesmenta.   Setiap melakukan aktifitas apapun klien selalu menyertai kegiatan dengan merokokb.   Kebiasaan merokok klien dimulai saat ia duduk dibangku SMPc.  Klien selalu bergaul dengan para perokok, sehingga hal ini mengakibatkan klien merasa sikapnya dapat diterima oleh orang lain. Ini adalah sesuatu yang menyertai kebiasaan merokok selama inid. Motivasi utama klien adalah untuk mendapatkan kepuasaan secara psikologis, meskipun sebetulnya klien mengetahui bahwa secara norma dan nilai-nilai agama merokok adalah seuatu yang lebih banyak mengandung mudharatnya.e. Keinginan klien untuk berhenti sebenarnya ada dalam pikiran klien, tetapi kondisi lingkungan tidak mendukung untuk berubahf. Klien mempunyai keinginan kuat untuk masuk dalam organisasi kemahasiswaan. Tetapi organisasi yang diminati mewajibkan para anggotanya tidak boleh merokok.2.  Goal SettingMengurangi kuantitas merokok dari 4 bungkus perhari menjadi 2 bungkus perhari, dan berhenti sama sekali dari kebiasaan merokokTechniques Implementationa.    Covert Reinforcement : yakni memakai imaji untuk menghadiahi diri sendiri. Klien diminta untuk memasangkan antara tingkah laku yang tidak dikehendaki dengan imaji sesuatu yang ekstrim positif. Klien yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok yang berlebihan, klien itu diminta membayangkan gambaran dirinya yang tidak sedang merokok dengan memiliki paru-paru yang bersih. Sekaligus ia juga dapat diminta untuk membayangkan gambaran dirinya sedang merokok, badannya berbau, paru-paru hitam, bajunya berlobang-lobang terpecik api rokok.b.    Satiation Proses memberi reinforcement yang paling berlebihan justru kehilangan nilainya sebagai penguat, atau bahkan bernilai sebaliknya. Satiation dapat dilakukan dengan membanjiri klien dengan stimulus yang sama sehingga reinforcement menjadi tidak berharga atau dengan terus-menerus memberi reinforcementsampai respon malahan tidak dilakukan kembali. Klien yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok, Konselor justru memberi klien dan memaksanya merokok terus menerus, sampai wajahnya hijau, atau muntah-muntah sesudah itu klien menjadi kehilangan hasrat untuk merokokEvaluation - TerminationMenguji apa yang dilakukan oleh klien terakhir, eksplorasi kemungkinan kebutuhan klien, membantu klien mentransfer apa yang dipelajari klien selama konseling ke tingkahlaku klien, dan memberi jalan untuk memantau secara terus menerus tingkah laku. Dalam hal ini klien setiap tahap proses konseling dan imajinasi melihat ada perubahan atau tidak sewaktu diminta untuk membayangkan sewaktu klien merokok dan saat tidak. Dikonfrontasi dengan perilaku yang nampak dan apa yang dikatakan.

15. Apakah yang kalian lakukan dalam pengembangan bakat kalian menemui hambatan?jelaskan! ini pelajaran bimbingan konseling


Jawaban:

ada contohnya putus asa dalam pengembangan bakat kita sering putus asa cara mengatasinya jangan mudah putus asa.

Penjelasan:

MAAF KALOS SALAH TOLONG JADIKAN JAWABAN TERCERDAS NGAK MAKSA


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Tes Minat Dan Bakat Bimbingan Konseling"