Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia


Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia

Bahasa indonesian. Kegiatan 8.5

1. Bahasa indonesian. Kegiatan 8.5


Jawaban:

bro maksud lu apaan bruh


2. kegiatan 8.5tolong bantu


Drama merupakan menirukan tindakan sehari-hari yang ditampilkan. Menurut KBBI, drama adalah persatuan sejumlah prosa pembentuk kehidupan melalui perilaku dan ekspresi.  

Pembahasan

Unsur-Unsur Drama

Tema Teks

Tema adalah inti pembahasan drama yang menjadi penggambaran keseluruhan cerita. Tema tertulis secara tersirat ataupun secara tidak langsung pada drama. Tema mengungkapkan keseluruhan isis drama.

Amanat Teks

Amanat adalah pesan kebaikan dari penulis untuk dilaksanakan pembaca. Amanat dapat bersifat tersurat atau secara langsung, dan ada pula yang tersirat atau secara tidak langsung.

Alur

Alur adalah jalan cerita sebagai penghubungan sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa.

a) Perkenalan

Perkenalan adalah tahap awal perkenalan para tokoh dan sifatnya.

b) Konflik (Awal permasalahan)

Konflik adalah tahap awal sebuah permasalahan antar tokoh.

c) Klimaks (Puncak masalah)

Klimaks adalah puncak sebuah konflik/masalah.

d) Antiklimaks (Awal penyelesaian)

Antiklimaks adalah penyelesaian konflik pertama yang terjadi oada suatu drama atau cerita.

e) Penyelesaian

Penyelesaian merupakan tahap akhir, berupa kebahagiaan, atau kesedihan pada drama.

Penokohan

Tokoh merupakan pemeran dalam sebuah drama.

a) Berdasarkan Sisi Keterlibatan Tokoh

Tokoh sentral (utama) : Merupakan tokoh yang utama dalam drama.Tokoh bawahan : Merupakan tokoh yang tidak berpengaruh besar, tapi terlibat dalam pengembangan alur. Tokoh latar (pembantu) : Merupakan tokoh yang tidak membantu alur, hanya melengkapi drama.

b) Berdasarkan Watak Penokohan

Tokoh Antagonis : Tokoh yang bersifat baik Tokoh protagonis : Tokoh yang bersifat jahat Dialog

Bagian dialog terdiri dari orientasi (awal masalah), komplikasi (puncak sebuah masalah), dan resolusi (penyelesaian masalah).

a) Orientasi

Orientasi merupakan pengenalan bagian awal cerita berupa konflik atau masalah yang terjadi.

b) Komplikasi

Komplikasi terdapat pada bagian tengah drama, dan memuncaknya sebuah konflik.

c) Resolusi

Resolusi merupakan penutupan cerita berupa penyelesaian konflik yang terjadi dalam drama.

Latar

Latar merupakan penulisan berupa suatu tempat, waktu atau suasana yang ada dalam drama.

Latar tempat : Merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar waktu : Merupakan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam drama Latar suasana : Merupakan suasana yang terjadi dalam drama Epilog

Epilog adalah penutup cerita. Berisi pesan atau amanat.

Penyelesaian

Kegiatan 8.5

A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya  secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Prolog  

Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam

tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi  

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek

aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek

aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya

marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu

giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok

bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma

sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.

Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya

G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum

bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu

mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,

hahaha….”

Resolusi  

Agra : (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku

tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog  

Agra betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.

Kesimpulan

Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.

Pelajari Lebih Lanjut Fungsi dialog dalam drama : brainly.co.id/tugas/22428948 Aturan dalam menulis langkah drama : brainly.co.id/tugas/22641685 Detil Jawaban

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Bab : 1

Materi : Drama-Drama Kehidupan

Kode Kategorisasi : 8.8.1

Kata Kunci : Drama, Kegiatan 8.5

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

3. Jawab kegiatan 8.5,kelas 8


Jawaban:

Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam

tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang

sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek

aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek

aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya

marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu

giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok

bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma

sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya

G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,

hahaha….”

Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku

tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.

Kalau salah maaf:) #masihpemula:v


4. hasil dari 8.5+3.2 adalah​


Jawaban:

=11, 7

semoga membantujangan Lupa jadi kan yang tercerdas ya:)

5. TOLONG LAH BESOK DIKUMPUL KEGIATAN 8.5​


Prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilog adalah struktur-struktur penyusun naskah drama. Dalam Bahasa Indonesia, naskah drama dapat kita artikan sebagai suatu teks atau naskah yang digunakan sebagai dasar atau panduan dilakonkannya sebuah pertunjukan drama. Hal ini dimungkinkan karena sebuah naskah drama tidak hanya mencakup dialog atau interaksi antartokoh, melainkan turut mencakup latar dan suasana yang harus dibangun selama pementasan.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan drama "Kena Batunya" ke dalam struktur penyusunnya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Babak I

PROLOG

Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacammacam  tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku.

Ada pula yang keluar masuk kelas.

DIALOG

ORIENTASI

Cahyo : ”Ssst….Bu Indati datang!” (Para siswa segera beranjak duduk di tempatnya masing-masing)

Bu Indati : ”Selamat pagi, Anak-anak!” (ramah)

Anak-anak : ”Selamat pagi, Buuuuuu!” (kompak).

Bu Indati : ”Anak-anak, kemarin Ibu memberikan tugas Bahasa Indonesia membuat pantun, semua sudah mengerjakan?”

Anak-anak : ”Sudah Bu.”

Bu Indati : ”Arga, kamu sudah membuat pantun?”

Agra : ”Sudah dong Bu.”

Bu Indati : ”Coba kamu bacakan untuk teman-temanmu.”

Agra : (tersenyum nakal)

”Jalan ke hutan melihat salak,

Ada pula pohon-pohon tua

Ayam jantan terbahak-bahak

Lihat Inka giginya dua”

Anak-anal : (Tertawa terbahak-bahak).

KOMPLIKASI

Inka : (Cemberut, melotot pada Agra)

RESOLUSI

Bu Indati : ”Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan. Coba kamu buat pantun yang lain.”

Agra : ”Iya Bu!” (masih tersenyum-senyum).

Babak II

PROLOG

Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangiArga.

DIALOG

ORIENTASI

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)

Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”

Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”

Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu giginya dua terus, hahaha…”

Danto : (Tertawa). ”Iya, Kak. Nanti ayam jago menertawakan kamu terus!”

KOMPLIKASI

Inka : ”Huh! kalian jahat! (Berteriak) Aku nggak ngomong lagi sama kalian!” (Pergi)

RESOLUSI

Gendis : (Menghampiri Inka) ”Sudahlah In, nggak usah dipikirkan. Arga kan memang usil dan nakal. Nanti kalau kita marah, dia malah tambah senang. Kita diamkan saja anak itu.

Babak III

PROLOG

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

DIALOG

ORIENTASI

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”

KOMPLIKASI

Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma sama anak perempuan.”

Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana. Masak gitu aja marah.”

Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya G-E-N-D-I-S dong!”

Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo, hahaha….”

Teman-teman Agra : (tertawa)

RESOLUSI

Gendis : ”Arga, kamu selalu begitu! Bisa nggak sih, sehari tanpa berbuat nakal? Lagi pula kamu cuma berani mengganggu anak perempuan. Dasar!” (Marah dan meninggalkan Agra).

Babak IV

PROLOG

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

DIALOG

ORIENTASI

Agra : (Di atas sepeda) ”Hoi…minggir…minggir…. Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir.”

Inka &Gendis : (Menoleh sebal)

KOMPLIKASI

Agra : (Tertawa-tawa dan…. gubrak terjatuh) ”Aduuuuh!”

Inka : ”Rasakan kamu! (Berteriak) Makanya kalau naik sepeda itu lihat depan.”

Gendis : “Iya! Makanya kalau sama anak perempuan jangan suka nakal. Sekarang kamu kena batunya.”

Agra : (Meringis kesakitan) ”Aduh…tolong, dong. Aku nggak bisa bangun nih?”

...

RESOLUSI

Inka : ”Sudahlah, kita kan nggak boleh dendam sama orang lain. Bagaimanapun, Arga kan teman kita juga.”

Gendis : (Mengangguk dan mendekati Arga).

Inka : ”Apanya yang sakit, Ga?”

Agra : ”Aduh…kakiku sakit sekali. Aku nggak kuat berdiri nih.”

Inka : ”Gini aja Dis, kamu ke sekolah cari Pak Yan yang jaga sekolah. Pak Yan kan punya motor. Nanti Arga biar diantar

...

SIMPULAN:

TEKS DRAMA TERSEBUT KEHILANGAN STRUKTUR EPILOG SEHINGGA BERPOTENSI MENIMBULKAN CERITA YANG TERKESAN MENGGANTUNG DI BAGIAN AKHIR.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks drama:

brainly.co.id/tugas/10936409

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 10 - Drama

Kode kategori: 9.1.10

Kata kunci: naskah, drama, struktur, prolog, dialog, epilog, resolusi, komplikasi, orientasi


6. 8.5 dm sama dengan berapa mm


8,5 dm = 850 mm
karena dm-mm turun 2 jadi harus dikali 100

7. Structur alur drama kegiatan 8.5 yg B Tolong dijawab hari ini dikumpul


Jawaban:

Alur, merupakan rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita. Alur drama mencakup bagian-bagian pengenalan cerita, konflik awal, perkembangan konflik, penyelesaian.

Penjelasan:


8. 3.55 4.5 7.30 8.5 9.00 Bahasa inggris​


Jawaban:

maaf ini mksdny gmn y,atau mngkn jamnya disuruh pke bhs.inggris?

Penjelasan:

03.55 : it is five to four

04.05 : it is five past four

07.30 : it is a half past seven

08.05 : it is five past eight

09.00 : it is nine o'clock

MUNGKINSEPERTIITUYANGKAMUMAKSUD?MAAFKLOSALAH


9. √8.5 x 8.5 + (-5.1) x (-5.1) = √98.26 Berapa akar √98.26??


akar dari 98,26 adalh 9,91

10. pecahan biasa dari 8.5% adalah


8,5 % = [tex] \frac{8,5}{100} [/tex]

11. melalui titik (2.3) dan (8.5)​


Jawaban:

2.3 dan (8.5

Penjelasan:

2.3=6

8.5=40

caranya 2.3=½+⅓ ⅔=6


12. 8.5:2.5 =… ...........​


Jawaban:

4

Penjelasan dengan langkah-langkah:

8.5:2.5

= 8×5 ÷ 2×5

= 40 ÷ 10

= 4

Semoga membantu:)

100

SEMOGAMEMBANTU!!


13. Tolong jelaskan kegiatan 8.5 bagian B


Jawaban:

btw mau nanya ni Kelas berapa?


14. kegiatan 8.5 a.jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu


Struktur Teks Drama
Berikut adalah 3 struktur yang membangun sebuah teks drama:

Prolog (adegan pembukaan).Dialog (percakapan).Epilog (adegan akhir atau penutup).

Unsur-Unsur Drama

Alur, merupakan rangkaian alur terjadinya drama.Amanat, pesan nasihat yang terkandung dalam cerita drama.Tokoh, pelaku yang memerankan seorang tokoh dalam cerita. Penokohan adalah penggambaran watak setiap tokoh. Ada tiga macam tokoh: (1) protagonis tokoh yang meampilkan kebaikan, (2) Antagonis tokoh jahat atau tokoh penentang kebaikan, (3) Tirtagonis tokoh pendukung protagonis.Tema, adalah ide pokok cerita (gagasan).Latar, merupakan tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam drama.Aneka sarana kesastraan dan kedramaan yang mendukung penampilan pelaku dalam suatu drama, misalnya tata panggung dan tata rias

15. 1. 1/2×8.5×4=…… 2. 1/2×8.5×3.8


1)
= 1/2 × 8,5 × 4
= 4/2 × 8,5
= 2 × 8,5
= 17

2)
= 1/2 × 8,5 × 3,8
= 3,8/2 × 8,5
= 1,9 × 8,5
= 19/10 × 85/10
= (19 × 85)/(10 × 10)
= 1615/100
= 161,5/10
= 16,151. 1/2 x 8.5 x 4 = 17
2. 16.15

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia"