Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Ipa Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013


Buku Ipa Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

jawaban buku paket IPA kelas 8 semester 2 halaman 110 bab 8 kurikulum 2013

1. jawaban buku paket IPA kelas 8 semester 2 halaman 110 bab 8 kurikulum 2013


Jawaban buku paket IPA kelas 8 semester 2 halaman 110 bab 8 kurikulum 2013 adalah 1D, 2C, 3C, 4A, 5C, 6D, 7B, 8B, 9C dan 10B. Uji kompetensi pada buku buku paket IPA kelas 8 semester 2 halaman 110 bab 8 kurikulum 2013 mengenai system ekskresi yang merupakan system pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika zat sisa ini tidak dikeluarkan dari tubuh maka akan meracuni tubuh.

Pembahasan

Poiun nomor 1

Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah D. usus besar.

Usus besar merupakan organ dari system pencernaan yang berfungsi untuk menyerap sisa air dalam feses serta untuk membusukkan sisa makanan dengan bantuan bakteri Escherichia coli.

Poin nomor 2

Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan sistem

pengeluaran manusia adalah C. pankreas menghasilkan enzim amylase.

Enzim merupakan salah satu contoh dari sekresi. Sekresi merupakan pengeluaran zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh. Selain enzim amylase, pancreas juga menghasilkan enzim lain berupa enzim lipase dan enzim tripsin.

Poin nomor 3

Tempat untuk menampung urine sebelum dikeluarkan dari tubuh

ditunjukkan oleh nomor  C. 3.

Nomor 1 merupakan gambar ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah dan memproduksi urin.

Nomor 2 merupakan ureter yaitu saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih.

Nomor 3 merupakan kandung kemih yang berfungsi untuk menampung urin sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Nomor 4 merupakan uretra yaitu saluran pembuangan urin dari kandung kemih menuju keluar tubuh.

Poin nomor 4

Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah A. 1

Nomor 1 merupakan glomerolus yang berfungsi sebagai alat filtrasi yaitu alat yang menyaring darah dan membentuk urin primer.

Nomor 2 merupakan pembuluh darah arteri yang membawa darah bersih ke ginjal dan seluruh tubuh.

Nomor 3 merupakan lengkung henle yang berfungsi membantu proses reabsorbsi ion-ion.

Nomor 4 merupakan tubulus kolektivus yang berfungsi mengunpulkan urin dari tubulus kontortus distal.

Poin nomor 5

Sisa penyaringan pada proses filtrasi menghasilkan urin yang masih mengandung zat yang masih berguna bagi tubuh. Berikut ini yang bukan merupakan zat yang masih terdapat pada urin hasil proses filtrasi adalah  C. sel darah merah.

Sel darah merah serta komponen darah lain seperti sel darah putih serta keeping darah dan protein darah merupakan zat yang tersaring oleh glomerolus dan dikembalikan ke pembuluh darah sehingga sel darah serta komponen darah lain tidak ada di urin primer.

Poin nomor 6

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah  D. karbon dioksida dan uap air.

Paru-paru merupakan organ ekskresi sekaligus organ respirasi. Zat sisa berupa karbondioksida akan dikeluarkan oleh tubuh melalui alveolus menuju ke bronkiolus di dalam paru-paru menuju ke bronkus kemudian trakea, laring, faring dan akhirnya dikeluarkan melaui hidung.

Poin nomor 7

Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah B. glukosa.

Glukosa yang kita konsumsi akan diubah menjadi energy melalui proses metabolism di dalam sel. Jika kita memakan banyak glukosa, maka sisa glukosa di dalam tubuh akan diubah menjadi glikogen kemudian disimpan di hati dan di otot sebagai gula cadangan. Saat kita kekurangan asupan glukosa, maka glikogen ini akan diubah kembali menjadi glukosa yang kemudian selanjutnya diproses menjadi energy.

Pelajari lebih lanjut

1. materi tentang sistem ekskresi ginjal: https://brainly.co.id/tugas/370095

2. materi tentang factor jumlah urin: https://brainly.co.id/tugas/15932057

3. materi tentang bagian ginjal: https://brainly.co.id/tugas/370095

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: biologi

Bab: system ekskresi

Kode: 9.4.2

Kata kunci: urin, ginjal


2. Tolong di jawab dong buku paket ipa kelas 8 halaman 60 semester 2 kurikulum 2013


1.D
2.D
3.C
4.B
5.C
6.D
7.A
8.B
9.B
10.B

3. ada berapa sub bab dari bab 1 tekanan zat dalam buku paket ipa kelas 8 semester 2 kurikulum 2013​


Jawaban:

ini tanya soal atau tanya kitab


4. Buku LKS bahasa Inggris kurikulum 2013 kelas 8 halaman 54 semester 2


Jawaban:

Penerbit bukunya apa kak?


5. tolong dibantu yaa buku paket IPA kurikulum 2013 kelas 8 hal 41


a. fototropisme
b. fototropisme dan geotropisme negatifa. peristiwa gerak geotropisme dan fototropisme  . karena gambar (a) menjahui cahaya dan gambar (b) membelok menuju ke arah matahari .
b. geotropisme dan gravitropisme . karena arah gerak akar selalu menuju pusat bumi dan arah gerak tumbuh batangnya slalu tegak ke atas menjahui pusat bumi .


6. kunci jawaban ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 evaluasi bab 4 halaman 62​


5. n = 30 getaran dan t = 2 menit = 120 s

f = n/t = 30/120 = 0, 25 Hz (b)

6.n = 960 getaran dan t = 2 menit = 120 s

f = n/t = 960/120 = 8 Hz (c)

7. n = 16 getaran dan t= 8 s

f = n/t = 16/8 = 2 Hz (c)

8. d. gelombang longitudional yang terdiri atas 2 gelombang. Karena gelombang yang berbentuk seperti itu disebut gelombang longitudional dan setiap 1 renggangan dan 1 rapatan dihitung 1 gelombang

5. Diketahui :

Banyak getaran = 30 kali
Waktu = 2 menit = 2 × 60 = 120 detik

Ditanya : Frekuensi?
Jawab :
f = Banyak getaran ÷ waktu
f = n ÷ t
f = 30 ÷ 120
f = B. 0,25 Hz

6. Diketahui :

Banyak getaran = 960
Waktu = 2 menit = 2 × 60 = 120 detik

Ditanya : Frekuensi?
Jawab :
f = n ÷ t
f = 960 ÷ 120
f = C. 8 Hz

7. Diketahui :

Waktu = 8 detik
Banyak getaran = 16 getaran

Ditanya : Frekuensi?
Jawab :

f = n ÷ t
f = 16 ÷ 8
f = C. 2 Hz

8. Jawabannya adalah yang D. Gelombang longitudinal yang terdiri atas 2 gelombang, sebenarnya gambar di atas merupakan 2,5 gelombang, karena terdiri dari 2 regangan, dan 3 rapatan tetapi karena tidak ada di dalam pilihan, jadi jawaban yang tepat adalah yang D

7. IPA kelas 7 semester 1 kurikulum 2013​


Jawaban:

jawabannya:A.

Penjelasan:

ani menumbuhkan kecambah pada tempat yang terang dan di tempat gelap


8. soal dan jawaban IPA kurikulum 2013 kelas 8 semester ganjil ulangan​


Jawaban:

Apanya?

Penjelasan:

Bingung aku

MANASOALNYAANJIM

Penjelasan:

GAADASOAL

9. web buku kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 apa ya, mau nge print tolong ya


Nama blognya matematohir , langsung searching aja di google

10. ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013


ipa kls 7 semester 1 kurikulum 2013 tentang benda dan energik kinetik.


#maaf kan saya jika salah

11. Soal ipa Bab 2 hal 75-79 romwi 1 sm 2 buku ipa kurikulum 2013 kelas 8


1.  D
2.  A
3. A
4. D
5. D
6. C
7.B
8.D
9.B
10.B
1.  a)  Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung, ciri-ciri: memiliki garisgaris seperti otot rangka.
b) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll), ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong
.c)  Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga otot ini disebut dengan otot lurik.
2.  Gambar tersebut adalah pengungkit jenis pertama, karena posisi titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Contoh benda yang menggunakan prinsip kerja pengungkit tersebut adalah, jungkat-jungkit, gunting.
3.  Persendian di antara tulang tengkorak dan tulang leher (sendi putar).a)  Sendi pada siku, sendi pada lutut (sendi engsel).b) Sendi pada ibu jari (sendi pelana) sendi pada empat jari yang lain (sendi engsel)c)  Sendi pada pergelangan tangan dan kaki (sendi geser)d) Sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat (sendi peluru)
.4.  Karena otot merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang yang ada di seluruh tubuh manusia. Otot dapat menggerakkan tulang jika otot melakukan kontraksi. Proses kontraksi otot membutuhkan energi. Kontraksi yang dilakukan oleh otot berlangsung sangat sering, sesering ketika manusia melakukan aktifitas. Sehingga sel otot membutuhkan lebih banyak energy dari pada sel lainnya.
5.  Diketahui: Pengungkit A: LK = 20 cm; LB= 120 cmPengungkit B: LK= 80 cm; LB= 60 cm Ditanya: Pengungkit yang memerlukanenergi paling sedikitjikadigunakan.Jawab:
a) KM (Keuntungan Mekanik) A : 20/120 = 1/6
b) KM (Keuntungan Mekanik) B :  80/60 = 1 1/3
Jadi pengungkit yang memerlukan energi paling sedikit jika digunakan adalah pengungkit B, karena semakin besar keuntungan mekanik pesawat sederhana, maka semakin kecil energi yang diperlukan
.6.  Jawaban:
a.  Balok pada gambar A akan bergerak lebih cepat dibandingkan balok pada gambar B. Hal ini disebebkan karena kecilnya gaya gesek antar balok dengan bidang miring yang licin pada gambar A, sedangkan balok pada gambar B akan bergerak lebih lambat karena besarnya gaya gesekan antar balok dengan bidang yang kasar.
b.  Untuk mempermudah pergerakan balok kearah atas maka dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan pesawat sederhana seperti katrol atau dengan member roda untuk mengurangi gesekan antar balok dengan bidang miring.
c.  Gaya yang terlibat adalah gaya normal dan gaya gesek
7. Diketahui:Massa (m) = 4 kgPercepatan gravitasi (g) = 10 m/s2Koefisien gesek statis = 0,4Koefisien gesek statis = 0,2Berat balok (w) = m g = (4)(10) = 40 Newtonwx= w sin 30o= (40)(0,5) = 20 Newtonwy= w cos 30o= (40)(0,5√3) = 20√3 NewtonGaya normal (N) = wy= 20√3 NewtonGaya gesek statis (fs) = (0,4)(20√3) = 8√3 NewtonGaya gesek kinetis (fk) = (0,2)(20√3) = 4√3 NewtonF = 40 Newton
Ditanya:Apakah balok diam atau bergerak ? jika bergerak, tentukan resultan gaya yang mempercepat balok dan percepatan balok!
Jawab:Balok bergerak ke bawah jika F < wx+ fs. Balok bergerak ke atas jika F > wx+ fs. F = 40 Newton, wx= 20 Newton dan fs = 8√3 = 13,6 Newton maka disimpulkan balok bergerak ke atas karena F lebih besar dari wx+ fs.
a.  Resultan gaya yang mempercepat balokKetika balok bergerak, gaya gesek yang bekerja pada balok adalah gaya gesek kinetis (fk)
.b.  Besar dan arah percepatan balok Besar percepatan balok adalah 1,6 m/s2 dan arah percepatan balok adalah ke atas.


12. jawaban buku paket ipa hal 60 semester 1 kelas 8 kurikulum 2013| TOLONG DIJAWAB DIKUMPILKAN NANTI​


Tanaman Hydrilla verticillata→ Gerak Nutasi  Buncis dan Kacang Polong→ Gerak Higroskopis  Sulur Markisah dan Mentimun→ Gerak Tigmotropisme  Mirabilis Jalapa→ Gerak Fotonasti  Bunga Tulip→ Gerak Thermonasti  Lamtoro dan Turi→ Gerak Niktinasti  Putri Malu (Mimosa pudica)→ Gerak Seismonasti  

Pembahasan

Gerak pada tumbuhan merupakan suatu respon yang diberikan karena adanya pengaruh dari kondisi lingkungan. Gerak tersebut merupakan suatu bentuk adaptasi untuk bertahan hidup. Terdapat berbagai macam gerak yang terjadi pada tumbuhan, berikut penjelasanya...

Berdasarkan arah gerakan dan arah rangsangan, yaitu:

Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak tumbuhan karena pengaruh rangsangan dari dalam tumbuhan. Gerak endonom ada beberapa jenis, yaitu:  

Gerak Nutasi: gerakan spontan pada tumbuhan yang tidak disebabkan adanya rangsangan dari luar. Contohnya gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata Gerak Higroskopis: gerakan pada tumbuhan karena adanya suatu perubahan kadar air. Contohnya gerakan pecahnya kulit buah polong-polongan yang sudah kering.

Gerak Etinom

Gerak etinom adalah gerak tumbuhan karena adanya rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. Gerakan etinom dapat disebabkan oleh cahaya, air, suhu, sentuhan, suhu, gravitasi, temperatur, zat kimia, dan lainnya. Gerak etinom ada beberapa jenis, yaitu:

Gerak tropisme : gerak tumbuhan yang arah gerakannya ditentukan oleh arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme ini dikendalikan oleh hormon tumbuhan. Gerak tropisme ini dibedakan menjadi 4 yaitu:

Fototropisme: gerakan karena rangsangan cahaya matahari. Fototropisme ada dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Fototropisme positif arah geraknya menuju kearah cahaya, contohnya gerak tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Fototropisme negatif arah geraknya menjauhi cahaya, contohnya gerak merambat pada tumbuhan. Geotropisme: gerakan karena pengaruh gravitasi bumi. Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif. Geotropisme positif yaitu arah pertumbuhannya menuju kebawah/kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif arah pertumbuhan akarnya menuju ke atas. Hidrotropisme: gerakan menuju kearah sumber air. Hidotropisme ada dua yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif. Hidrotropisme positif yaitu arah geraknya menuju tempat berair, contohnya pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju sumber air. Hidrotropisme negatif yaitu arah geraknya menjauhi tempat yang berair.

Tigmotropisme: gerakan karena adanya persinggungan. Contohnya, sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

Gerak taksis : gerakan tumbuhan karena adanya rangsangan. Gerak taksis ada tiga, yaitu:

Fototaksis: gerak tumbuhan karena rangsangan cahaya. Contohnya gerakan Euglena yang menuju arah cahaya. Kemotaksis: gerak tumbuhan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerakan sel gamet jantan tumbuhan lumut bergerak ke arah gamet betina. Galvanotaksis: gerak tumbuhan karena rangsangan arus listrik. Contohnya adalah gerak bakteri dari kutub positif atau kutub negatif.

Gerak nasti : gerak tumbuhan yang arah gerakannya tidak berhubungan dengan datangnya rangsangan. Gerak nasti ada enam, yaitu:

Fotonasti: gerakan karena rangsangan cahaya.  Thermonasti: gerakan karena rangsangan suhu.  Niktinasti: gerakan karena pengaruh lingkungan, yaitu kondisi gelap. Contohnya, gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) pada malam hari. Seismonasti: gerakan karena adanya rangsangan sentuhan.  Kemonasti: gerakan karena adanya rangsangan zat kimia. Contohnya, membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari karena adanya karbondioksida. Nasti kompleks: gerakan karena pengaruh rangsangan yang lebih dari satu macam. Contohnya, gerakan membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena adanya cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang adaptasi tumbuhan gurun https://brainly.co.id/tugas/17140004

2. Materi tentang adaptasi tumbuhan hidrofit https://brainly.co.id/tugas/5048666

-----------------------------

Detil jawaban  

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kode: 11.4.2

Kata Kunci: gerak tumbuhan, adaptasi tumbuhan


13. SOAL LATIHAN IPA FISIKA KELAS 8 BAB 10 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013​


SOAL LATIHAN IPA FISIKA KELAS 8 BAB 10 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013​

1. Gelombang bunyi dari suatu sumber memiliki cepat rambat 340 m/s. Jika frekuensi gelombang bunyi adalah 650 Hz, tentukan panjang gelombangnya!

Diketahui

v = 340 m/s

f = 650 Hz

Ditanya

Panjang gelombang, λ

Penyelesaian

v = λf

340 = λ (650)

λ = 340 / 650

λ = 34/65 meter

2. Adi mendengar bunyi yang memiliki panjang gelombang sebesar 8 meter. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 340 m/s, tentukan:

a) frekuensi sumber bunyi

b) periode sumber bunyi

Diketahui

λ = 8 meter

v = 340 m/s

Ditanya

a) frekuensi, f

b) periode, T

Penyelesaian

v = λf

340 = 8f

f = 340/8

f = 42,5 Hz

3. Perhatikan gambar! Tentukan frekuensi tersebut jika cepat rambatnya adalah 600 m/s.

Diketahui

v = 600 m/s

Gambar grafik pada soal

Ditanya

Frekuensi, f

Penyelesaian

Pada gambar, tampak bahwa angka meter pada satu gelombang adalah 6 meter, panjang gelombang, λ = 6 m

v = λf

600 = λ (6)

λ = 600/6

λ = 100 m

4. Soal pada gambar!

a. Jumlah gelombang pada gambar, n = 1,5 gelombang

b. Amplitudo gelombang, A = 4 cm

c. Periode gelombang, T = 1,5 detik

d. Panjang gelombang, λ = l/n = 20/1,5 = 40/3 cm

e. Cepat rambat gelombang, v = λ/T = 100 / (40/3) = 30/4 = 7,5 m/s

f. jumlah gelombang dalam 3,5 menit.

3,5 menit = 3,5 (60) = 21

T = t/n

1,5 = 210/n

n = 210/1,5

n = 140 gelombang

5. Macam-macam bunyi berdasarkan frekuensinya, dan contoh masing-masing.

Infrasonik >> frekuensi di bawah 20 Hz. Contoh hewan yang dapat mendengar: jangkr1k dan @njing.

Audiosonik >> frekuensi antara 20 Hz - 20 kHz. Contoh makhluk yang dapat mendengar: manusia.

Ultrasonik >> frekuensi di atas 20 kHz. Contoh hewan yang dapat mendengar: kelelawar dan lumba-lumba.

6. Mengapa pada malam hari bunyi terdengar jelas daripada siang hari?

Karena pada malam hari bunyi bising kendaraan bermotor maupun bunyi aktivitas manusia pada malam hari lebih sedikit daripada siang hari. Hal ini menyebabkan bunyi apapun yang terjadi pada malam hari dapat didengar dengan jelas.

7. Sebuah kapal mengukur kedalaman suatu perairan laut dengan menggunakan perangkat suara. Bunyi ditembakkan ke dasar perairan dan 8 detik kemudian bunyi pantul tiba kembali di kapal. Jika cepat rambat bunyi di dalam air adalah 2000 m/s, tentukan kedalaman perairan tersebut!

Diketahui

t = 8 detik

v = 2000 m/s

Ditanya

kedalaman perairan, s

Penyelesaian

S = vt / 2

S = 2.000 (8) / 2

S = 8.000 m

Pelajari lebih lanjut

1. Menentukan urutan gelombang yang memiliki frekuensi terbesar pada gambar: brainly.co.id/tugas/21370175

2. Menentukan cepat rambat dan periode gelombang berdasarkan gambar: brainly.co.id/tugas/20918779

3. Menentukan Amplitudo, Periode, Panjang Gelombang, dan Kecepatan Gelombang berdasarkan gambar: brainly.co.id/tugas/15965971

4. Menentukan cepat rambat gelombang dengan diketahui frekuensi dan panjang gelombangnya: brainly.co.id/tugas/5509474

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Fisika

Bab: Getaran

Kode: 8.6.4

Kata kunci: getaran, gelombang, amplitudo, panjang, meter, cm, frekuensi, periode, gambar, bunyi, macam, laut, kedalaman, kecepatan


14. apakah buku ips kelas 8 kurikulum 2013 itu semester 1 aja apa sampai semester 2​


Jawaban:

Sampai semester 2 karna sekarang k13 belum diganti jadi akan tetap lanjut


15. IPA kurikulum 2013 kelas 7 semester 2 hal 26​


Jawaban:

Bagian-bagian organel sel:

a) Nukleus (inti sel)

b) Chromatin (kromatin)

c) Nuckleolus (nukleolus)

d) Nuclear Envelope (membran inti)

e) Retikulum endoplasma kasar

f) Retikulum endoplasma halus

g) Vakuola sentral

h) Mikrotubulus

i) Kloroplas

j) Dinding sel

k) Membran plasma

l) Mitokondria

m) Vesikel sekretori

n) Badan golgi


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Buku Ipa Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013"