Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Excel Dasar


Latihan Excel Dasar

soal soal latihan MS EXCEL 2007

Daftar Isi

1. soal soal latihan MS EXCEL 2007


maksud pertanyaannya gimana?

2. Perbedaan mendasar pada workbook excel 2007 dan excel 2010


Pada layout (tata letak) workbook excel 2007 terdapat 7 ribbon dan 1 office button.

Sedangkan layout (tata letak) workbook excel 2010 ada 7 ribbon dan 1 tombol File (pengganti tombol office button).

Disamping itu, workbook excel 2007 belum ada fitur Save As PDF, sedangkan workbook excel 2010 sudah ada fitur asli Save As PDF.

3. sebuah lembaga pendidikan komputer menawarkan pelatihan power point dan excel kepada sejumlah guru . banyak guru yang mengikuti pelatihan power point tidak boleh lebih dari 10 orang jumlah guru yang mengikuti pelatihan kedua program tak boleh lebih dari 15 . banyak guru yang mengikuti pelatihan excel tak lebih dari 2 kali dari banyak guru yang mengkitu pelatihan power point . jika biaya pelatihan power point 100.000 per orang dan excel 120.000/orang . berapa pendapatan maks yang diperoleh lembaga pendidikan komputer dari pelatihan?


powerpoint = x
excel = y

Model matematika :
f(x,y) = 100000x + 120000y
x ≤ 10
x + y ≤ 15
y ≤ 2x
2x - y ≥ 0


x + y ≤ 15
A(0,15)
B(15,0)


2x - y ≥ 0
C(0,0)


x + y = 15
2x - y = 0
titik potong : D(5,10)

Titik yg memenuhi soal : D
D(5,10)
Pendapatan maksimal :
f(5,10) = 100000(5) + 120000(10)
f(5,10) = 1.700.000

4. Apa saja formula formula dasar excel?


sum, average, hlookup, vlookup,

5. Jelaskan beberapa fungsi statistik dasar pada Microsoft Excel ​


1.average berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari Sekumpulan data

2. median berfungsi untuk mencari median dari Sekumpulan data

3. mode berfungsi untuk mencari nilai yang paling banyak muncul dari Sekumpulan data

4. Max berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari Sekumpulan data

5. Min berfungsi untuk mencari nilai minimum

6. count berfungsi untuk menghitung banyaknya sel yang mengandung angka termasuk tanggal dan fungsi yang menghasilkan angka.


6. Bagaimana cara mengubah sheet 1 menjadi latihan 1 pada microsoft excel


klik ganda nama tab "sheet 1" lalu ubah isinya menjadi "latihan 1"


7. jika lembar kerja Excel akan disimpan dengan nama LATIHAN-1 Bagaimana prosedurnya?​


Jawaban:

1. Tekan Tab File/Home

2. Tekan Tab Save

3. Lalu Pilih Folder untuk menyimpan lembar kerja tersebut.

4. Ganti File Name menjadi LATIHAN-1

5. Terakhir Klik Save


8. Latihan 1.apa yang dimaksud dengan excel dan gambarkan icon excel! 2.sebutkan 3 kegunaan Microsoft excel dibidang keuangan! 3.sebutkan 4 manfaat excel yang kamu ketahui! 4.apa yang dimaksuddengan icon currency dan tulis contoh sebuah mata uang (minimal 5)!


jawaban :

1 Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka
  1. di gunakan untuk mencari data hasil penjumlahan
       2. di gunakan untuk mencari nilai tengah , rata-rata
        3. di gunakan untuk mencari nilai minimum dan maximum
3  1. Memudahkan menganalisa data dalam bentuk tabel dan grafik 
    2. Ketersediaan formula yang banyak memudahkan membuat rumus yang variatif dan rumit 
   3. Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error 
   4. Memudahkan dalam memilah-milah data dengan fasilitas auto filter 


maaf ya nomer 4 aku nggak tahu.

9. tuliskan formula dasar pada Excel 2013


Formula dasar pada Excel 2013 adalah sebagai berikut

SUM

Digunakan untuk menjumlahkan nilai kolom atau baris sesuai baris range.

Cara penulisannya adalah =SUM(number1,[number2],...)

AVERAGE

Digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata dalam suatu range

Cara penulisannya adalah =AVERAGE(number1,[number2],...)

COUNT

Digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range yang memiliki nilai numerik

Cara penulisannya adalah =COUNT(value1,[value2],...)

COUNTA

Digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range apapun bentuk nilainya. Pada COUNT, hanya akan menghitung cell dengan nilai numerik saja tetapi COUNTA akan menghitung cell dengan nilai date, time, string, logical, error, empty string, atau text.

Cara penulisannya adalag =COUNTA(value1,[value2],...)

IF

Digunakan untuk menyortir data berdasarkan logika yang diberikan.  

Cara penulisannya adalah =IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

TRIM

Digunakan untuk menghilangkan ruang kosong sehingga fungsi yang digunakan tidak akan mengembalikan nilai error.  

Cara penulisannya adalah =TRIM(Text)

MAX & MIN

Digunakan untuk mendapatkan nilai maksimun dan minimum dari suatu kelompok nilai.

Cara penulisannya adalah  

=MIN(number1, [number2], …)

=MAX(number1, [number2], …)

Kelas : SMP

Mapel : TIK

Kode : 8.11.4

Kategori : Mengenal Fungsi Menu dan Ikon pada Pengolah Angka

Kata kunci : Formula Dasar


10. sebutkan macam macam dasar dari ms Excel​


Jawaban:

1.Average

2SUM

3.MIN

4.MAX

5.Count

6.Logika IF

semoga membantu :)


11. bagian paling dasar dari sebuah dokumen excel adalah


Jawaban

Sel

Pembahasan

Bagian paling dasar dari sebuah dokumen Excel adalah kotak yang menyimpan data dalam Excel kotak ini disebut dengan SEL

12. Dasar dasar pengoperanan microsoft excel 2007


buka Microsoft Excel tersebut lalu tekan

13. statistik dasar pada Ms. Excel adalah ?


Pengantar Fungsi dan Rumus MIN pada Excel rumuslengkap | December 7, 2014 Kursus Microsoft Excel dasar – Salah satu cara paling mudah untuk menemukan atau menentukan nilai paling kecil dari begitu banyak data pada lembar kerja Excel adalah dengan menggunakan
Penggunaan dan Contoh Rumus Large pada Excel rumuslengkap | December 1, 2014 Seri belajar microsoft excel dasar kali ini adalah tentang penggunaan dan contoh rumus large. Saat berhadapan dengan data dalam lembar kerja Microsoft Excel dalam jumlah yang sangat besar,
Cara Menggunakan Fungsi SUMPRODUCT Pada Excel rumus excel | April 6, 2014 Dengan hadirnya Microsoft Excel dalam kehidupan tentunya sangat membantu, apalagi bagi para pekerja kantoran, dengan Microsoft Excel segala pekerjaan mereka akan cepat dan mudah diselesaikan dalam waktu sekejap
Mengitung Nilai Rata-Rata Siswa Dengan Fungsi AVERAGEIF Pada Excel rumus excel | April 5, 2014 Pada kesempatan ini akan mencoba menghitung nilai rata-rata siswa dengan fungsi AVERAGEIF pada Microsoft Excel, Jika pada fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sederetan argumen, maka
Membuat Fungsi Check Box Absensi Siswa Dengan Excel rumuslengkap | January 21, 2014 1 lagi cara pembuatan dokumen pembelajaran di sekolah dalam kursus microsoft excel ini. Sudah tidak diragukan lagi kesaktian dari Microsoft Excel, kehadirannya begitu sangat berguna, karena dapat membantu
Membuat Statistik Database Golongan Pegawai dengan Excel rumuslengkap | January 6, 2014 Anggap saja ini adalah pengganti mengikuti kursus microsoft excel dan materi kita kali ini adala cara membuat statistik Database Golongan Pegawai dengan Excel. Sebelum memulai percobaan rumus excel
Membuat Ranking dengan Excel rumuslengkap | December 31, 2013 Kalau tutorial excel terdahulu mengenai rumus ranking dan count, kali ini kita matangkan pembahasan khusus cara membuat ranking nilai dengan rumus excel. Bagi para guru dan wali kelas, Read Mor




14. jelaskan beberapa fungsi statistik dasar pada microsoft excel


1.average berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari Sekumpulan data
2. median berfungsi untuk mencari median dari Sekumpulan data
3. mode berfungsi untuk mencari nilai yang paling banyak muncul dari Sekumpulan data
4. Max berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari Sekumpulan data
5. Min berfungsi untuk mencari nilai minimum
6. count berfungsi untuk menghitung banyaknya sel yang mengandung angka termasuk tanggal dan fungsi yang menghasilkan angka.

ITU YG SAYA TAHU !!!
SEMOGA MEMBANTU YA

15. langkah dasar mengoprasikan ms excel


Cara Belajar dan Memulai Microsoft Excel I Untuk melakukan cara ini, pertama-tama nyalakan PC atau komputer Anda terlebih dahulu. Lalu klik bagian tombol start di taskbar komputer, kemudian pilih opsi All Program dan pilih menu Microsoft Office. Pada Microsoft Office Akan terdapat Microsoft Excel 2007, Anda bisa langsung memilihnya. Cara Belajar dan Memulai Microsoft Excel II Belajar Microsoft Excel yang kedua dengan cara menyalakan PC Anda terlebih dahulu, kemudian lakukan double klik pada menu Microsoft Excel 2007 di bagian desktop komputer atau PC Anda. Cara Belajar dan Memulai Microsoft Excel III Nyalakan PC atau komputer Anda terlebih dahulu, lalu tekan kombinasi ikon Windows berupa gambar bendera di bagian pojok sebelah kiri bawah sembari menekan tombol R pada keyboard bersamaan. Sehingga akan muncul tampilan box dialog di bagian kiri bawah, lalu ketik Excel dan Enter.

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Latihan Excel Dasar"