Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Statistika Kuliah Dan Pembahasannya


Contoh Soal Statistika Kuliah Dan Pembahasannya

soal dan pembahasan statistika

Daftar Isi

1. soal dan pembahasan statistika


nilai matematika pada suatu kelas yaitu:
6,6,5,7,7,5,9,8,10,8,7
modus dari data tsb adalah....
jawab: 7
pembahasan
jumlah semua data:
5=1
6=2
7=3
8=2
9=1
10=1
data yg terbanyak adalah 7


2. saya tidak mengerti tentang pelajaran matematika statistika dan peluang. bagaimana penjelasan tentang statistika dan peluang? tolong contoh soal dan pembahasannya. terimakasih


Contoh soal:

Nilai hasil ulangan matematika Mts. DDI Camba terdiri dari: 7,6,6,5,4,3,4,4,6,5,4,6

Tentukanlah:
MeanMedianModus
Jawab:

Mean rata-rata adalah nilai rata-rata dari sekumpulan data umum
Data nilai ulangan matematika kelas IX MTs. DDI Camba 7,6,6,5,4,3,4,4,6,5,4,6

Setelah diurutkan 3,4,4,4,4,5,5,6,6,6,6,7 

(3+4+4+4+4+5+5+6+6+6+6+7)/12 =4,66 = 4,7 (setelah dibulatkan)

Median nilai tengah setelah data tersebut diurutkan. Jika banyak data ganjil maka nilai mediannya adalah satu nilai yang terletak ditengah
3,4,4,4,4,5,5,6,6,6,6,7

Median = (5+5)/2 = 10/2 = 5
Jadi mediannya = 5

Modus bilangan dengan frekuensi tertinggi pada sekumpulan data umum. Modus= angka  yang paling banyak muncul

Modusnya adalah 4 dan 6



3. soal statistika dan pembahasannya yaa**


5,5,6,6,7,7,8,8,8,9,10
tentukan modus data tersebut!
modus adalah jumlah TERBANYAK dalam suatu data maka modus data tersebut adalah 8 karena 8 mempunyai jumlah terbanyak dalam data tersebut

4. bagaimana contoh soal statistika?


5,6,7,7,5,8,9,4,1,9,3,7,1,7,3
apa modus dari data diatas?
berapah Q1,Q2, dan Q3-nya?

5. soal statistika dan pembahasannya yaa


Dalam sebuah keluarga terdapat 5 orang anak. Anak termuda berusia ½ dari usia anak tertua, sedangkan 3 anak lainnya berturut-turut berusia lebih 3 tahun dari anak termuda, lebih 5 tahun dari anak termuda, dan kurang 2 tahun dari anak tertua. Bila rata-rata hitung usia mereka adalah 15,2, maka usia anak tertua adalah … tahun  
Jawab :
Misal  a = usia anak tertua
Rata - rata = 15,2
[ a/2 + ( a/2 + 3 )+ ( a/2 + 5 ) + ( a - 2 ) + a] / 5 =15,2
3,5 a + 6 = 76 <=> 3,5 a = 70 <=> a = 20
Maka usia anak tertua adalah 20 tahunPembahasan Contoh Soal Statistik
Dalam sebuah keluarga terdapat 5 orang anak. Anak termuda berusia ½ dari usia anak tertua, sedangkan 3 anak lainnya berturut-turut berusia lebih 3 tahun dari anak termuda, lebih 5 tahun dari anak termuda, dan kurang 2 tahun dari anak tertua. Bila rata-rata hitung usia mereka adalah 15,2, maka usia anak tertua adalah … tahun  
Jawab :
Misal  a = usia anak tertua
Rata - rata = 15,2
[ a/2 + ( a/2 + 3 )+ ( a/2 + 5 ) + ( a - 2 ) + a] / 5 =15,2
3,5 a + 6 = 76 <=> 3,5 a = 70 <=> a = 20
Maka usia anak tertua adalah 20 tahun

Diketahui nilai rata-rata ulangan matematika suatu kelas adalah 6,7. Terdapat 3 anak dari kelas lain mempunyai nilai rata-rata 8. Jika nilai rata-rata mereka setelah digabung menjadi 7. Maka banyaknya siswa dalam sebelum digabungkan dengan 3 anak tadi adalah...

Jawab : 
Misal, x : jumlah anak sebelum digabung
(8 x 3 + 6,7 x )/(3 + x) =7
24 + 6,7 x = 21 +7x
  3= 0,3x <=> x = 10

6. 3 contoh soal dan pembahasan tentang median statistika kelas 8 kurikulum 2013 !


dalam sebuah pengundian dadu, muncul angka= 2 1 2 4 5 6 1, cari lah median dan mean nya

7. Tolong bantu jawab ya untuk soal no 1, mata kuliah Statistika


Materi : Statistika

Saya bantu yang a dan b saja y

a) Dari datanya, total frekuensinya adalah 50. [tex]<b>Desil</b>[/tex]artinya membagi data menjadi sepuluh bagian yang sama besar, rumusnya adalah :

[tex]D_n=\frac{i.n}{10}[/tex]

Karena yang ditanyakan desil keempat, maka kelas desil keempat ada pada :

[tex]D_4=\frac{4.50}{10}=20[/tex]

Berarti desil keempat terletak pada interval 125 - 139 dengan tepi bawah kelas 124, 5. Sehingga :

[tex]D_n=tepi\,bawah\,kelas\,desil+\left(\frac{\frac{i.n}{10}-f_k}{n}\right).C\\D_4=124,5+\left(\frac{20-18}{14}\right).15\\D_4=124,5+\frac{15}{7}=124,5+2,14=126,64[/tex]

b) [tex]<b>Persentil</b>[/tex]artinya membagi data menjadi seratus bagian yang sama besar, rumusnya adalah :

[tex]P_n=\frac{i.n}{100}[/tex]

Karena yang ditanyakan persentil yang kelima, maka kelas persentil kelima ada pada :

[tex]P_5=\frac{5.50}{100}=2,5≈3[/tex]

Berarti persentil kelima terletak pada interval 95 - 109 dengan tepi bawah kelas 94,5. Sehingga :

[tex]P_n=tepi\,bawah\,kelas\,persentil+\left(\frac{\frac{i.n}{100}-f_k}{n}\right).C\\P_5=94,5+\left(\frac{2,5-2}{6}\right).15\\p_5=94,5+\frac{15}{12}=94,5+1,25=95,75[/tex]

Lampiran :

F | Fk

2 | 2
6 | 8
10 | 18
14 | 32
9 | 41
7 | 48
2 | 50

Catatan :

[tex]f_k[/tex] di rumus ini adalah frekuensi komulatif sebelum kelas (quartil, desil, persentil).

Semoga membantu.

8. dari 100 mahasiswa 60 mahasiswa mengikuti statistika 30 siswa mengikuti kuliah matematika dasar 30 mahasiswa mengikuti kuliah bahasa Inggris dan serta dan statistika 16 mahasiswa mengikuti kuliah bahasa Inggris dan matematika dasar 10 mahasiswa mengikuti kuliah statistika dan matematika dasar dan 6 mahasiswa mengikuti kuliah ketiga-tiganyaA. berapa banyak mahasiswa yang mengikuti kuliah bahasa inggris. statistika dan matematika dasar


dij=siswab.ingriss+statistika+matematikadasar
=30+30+10
=70siswa

9. Bantu saya kawan² :)Dari 100 orang mahasiswa, 60 mahasiswa mengikuti kuliah b.inggris, 50 mahasiswa mengikuti kuliah statistika, 30 mahasiswa mengikuti kuliah MTK dasar, 30 mahasiswa mengikuti kuliah b.inggris & statistika, 16 mengikuti kuliah b.inggris & mtk dsr, 10 mahasiswa mengikuti statistika & mtk dsr, dan 6 mahasiswa mengikuti kuliah ketiga-tiganya. Berapa banyak mahasiswa yang mengikuti kuliah binggris atau statistika atau mtk dasar?​


Jawaban:

n(i)=60,n(s)=50,n(M)-30

n(Ins)=30n(inm)=16,n(snm)=10

n(insnm)=6

n(usum)=n(i)+n(s)+n(m)-n(ins)-n

(inm)-n(snm)+n(imam)

n(iusum)=60+50+30-30-16-10-6=90

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalau salah

10. soal dan pembahasan matematika statistika dan peluang .. mohon bantuannya


Peluang

Nomor 1.

Dari 3 orang siswa akan dipilih untul menjadi ketua kelas, sekretaris dan benda hara dengan aturan bahwa seseorang tidak boleh merangkap jabatan pengurus kelas. Tentukan banyaknya cara pemilihan pengurus tersebut.

Penyelesaian:

Untuk posisi ketua kelas dapat dipilih dari 3 orang sehingga posisi ketua kelas dapat dipilih dengan 3 cara. Untuk posisi sekretaris karena ketua kelas sudah terisi oleh satu orang maka posisi sekretaris hanya dapat dipilih dari 2 orang yang belum terpilih menjadi pengurus kelas sehingga posisi sekretaris dapat dipilih dengan 2 cara, sedangkan untuk posisi bendahara karena posisi ketua kelas dan sekretaris sudah terisi maka posisi bendahara hanya ada satu pilihan sehingga posisi bendahara dapat dipilih dengan 1 cara.

Jadi, banyaknya cara pemilihan ada 3 x 2 x 1 = 6 cara.

Nomor 2.

Dari kota A ke kota B dapat dilalui 4 jalur, sedangkan dari kota B ke kota C dapat dilalui 2 jalur. Berapa jalur dapat dilalui dari kota A ke kota C melewati kota B?

Penyelesaian:

NAB = 4 jalur
NBC = 2 jalur
NAC = NAB x NAC
          = 4 x 2 = 8

Nomor 3.

Dari angka-angka 2,3,4,5,dan 6 akan dibuat bilangan ratusan dengan syarat tidak boleh ada angka yang diulang. Tentukan banyaknya bilangan yang terjadi.

Penyelesaian:

RatusanPuluhanSatuan543

Banyaknya bilangan = 5 x 4 x 3 = 60

Jadi, banyaknya bilangan ratusan yang terjadi ada 60 buah.

Soal n0 4 – 5 menggunakan rumus Factorial

Maaf hanya bisa peluang saja
Maaf kalo salah

11. Jika kelas 13 terdiri dri 30 mahasiswa, 30% tidak menyukai mata kuliah Statistika, berapakah jumlah mahasiswa yang menyukai mata kuliah Statistika?​


Jawaban:

21 mahasiswa

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Tidak suka statitiska = 30% dari 30

= 30% × 30

= 9 mahasiswa

Suka statitiska = 30 - 9

= 21 mahasiswa

Jawaban:

nawaban 70/100 x 30 = 21 siswa semoga membantu


12. bisa minta tolong buatkan soal mengenai peluang dan statistika. dan pembahasannya. thanks


PELUANG
Suatu kelas terdiri dari 40 siswa. 25 siswa gemar matematika, 21 siswa gemar IPA, dan 9 siswa gemar matematika dan IPA. Peluang seorang tidak gemar matematika maupun IPA adalah …

PEMBAHASAN

Semesta = 40

Yang hanya suka matematika saja = 25 – 9 = 16

Yang hanya suka IPA saja = 21 – 9 = 12

Semesta = matematika saja + IPA saja + kedua-duanya + tidak kedua+duanya

40 = 16 + 12 + 9 + tidak kedua-duanya

40 = 37 + tidak kedua-duanya

3 = tidak kedua-duanya

Jadi peluang seorang tidak gemar kedua-duanya adalah 3/40

STATISTIKA 
Untuk kelompok bilangan 2,3,7,7, 8,8,8,9,11           
Tentukan median dan modus
PembahasanRata rata =
2,3,7,7,8,8,8,9,11
Median = 8 , modus = 8


13. buatlah soal statistika dengan pembahasannya


1. Nilai rata-rata tes Matematika 15 siswa adalah 6,6. Bila nilai Dinda disertakan,maka nilai rata-ratanya menjadi 6,7. Nilai Dinda dalam tes Matematika tersebut adalah....
Pembahasan: 6,7 x 16 = 107,2
6,6 x 15 =  99
Maka nilai Dinda 107,2 – 99 = 8,2

2. Hasil ulangan susulan bidang studi Matematika daribeberapa siswa adalah 8, 10, 4, 5, 7, 3, 9, 8, 7, 10, 8, 5. Median dari data di atas ialah...
Pembahasan : Median adalah nilai tengah dari suatu data setelah diurutkan sehingga pada data diatas  3,4,5,5,7,7,8,8,8, 9,10,10
Mediannya (data ke 6 + data ke 7)/2 = (7 + 8) / 2 = 7,5
soal : Dari 120 siswa terdapat 39 siswa mempunyai ukuran sepatu 38, sebanyak 61 siswa mempunyai ukuran sepatu 39 dan sisanya memiliki ukuran sepatu 40. apabila data tersebut dibuat juring lingkaran maka berapakah besar juring untuk ukuran sepatu 40....
jawaban : jumlah siswa 120 orang
Ukuran 38 ada 39 siswa
Ukuran 39 ada 61 siswa
Ukuran 40 ada 20 (120-(39+61)=20)
Ukuran 40 = 20/120 x 360derajat = 60 derajat

14. nilai mahasiswa jurusan statistika untuk mata kuliah statistika deskripsi adalah sebagai berikut​


Jawaban:

Menggunakan titik tengah (cara biasa)

\bar x = \frac{\displaystyle \sum_{i=1}^{k} {f_ix_i}}{\displaystyle \sum_{i=1}^{k} {f_i}}

x

ˉ

=

i=1

k

f

i

i=1

k

f

i

x

i

Menggunakan simpangan rata-rata sementara

\bar x = {\bar x}_s + \frac{\displaystyle \sum_{i=1}^{k} {f_id_i}}{ \displaystyle \sum_{i=1}^{k} {f_i}}

x

ˉ

=

x

ˉ

s

+

i=1

k

f

i

i=1

k

f

i

d

i

dimana d_i = {\bar x}_s - x_id

i

=

x

ˉ

s

−x

i

.


15. tolong buatin 10 soal statistika kelas 9 dengan pembahasannya please


1. hitunglah mean dari data tsb: 4,3,5,6,7,8,7,7,2
jawab: Mean= 54/10 = 5,4

2. Hitunglah media dari data: 65,70,85,80,60,70,80,80,60
jawab: diurutkan dari yg kecil hingga yg paling besar. Ambil nilai tengah #selamat mencoba

3. Nilai rata2 dari 9 bilangan adalah 15. sedangkan nilai rata2 11 bilangan adalah 10. jika bilangan ysb digabungkan brpakah rata2nya sekarang?
jawab:
9×15+11×10
135+110
245/20 =12,25

SEMOGA MEMBANTU.

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Statistika Kuliah Dan Pembahasannya"